Ekonomi

BUMN Targetkan Laba 10 Persen

{xtypo_dropcap}M{/xtypo_dropcap}ENTERI Negara BUMN Mustapa Abubakar mengatakan, Kementerian Negara BUMN menetapkan 26 target tahun anggaran 2010-2014, di antaranya menaikan minimal laba bersih perusahaan BUMN sebesar 10 persen/tahun.

Juga menyelesaikan bantuan pemerintah yang belum tuntas dilakukan hingga saat ini, pemisahan keuangan antara BUMN
komersial, PSO dan perusahaan yang melakukan tugas non komersial dan PSO, serta melakukan restrukturisasi BUMN besar,
penting, dan strategis secara berkelanjutan.

Kemudian meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan BUMN, sinergiritas perusahaan BUNM secara berkelanjutan, dengan
memperioritas penyedian pangan, infrastruktur, energi dan pengembangan UKM, katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI Jakarta, Senin (10/5).

Kemeneg BUMN juga terus melakukan upaya holding dan restrukturisasi terhadap perusahaan BUMN untuk meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan BUMN dengan memberikan peningkatan penghasilan pajak dan deviden kepada negara, serta menghasilkan produk dan pelayanan kepada masyarakat dengan harga yang kompetitif.

Dalam melaksanakan program restrukturisasi akan dilakukan dengan dua cara yaitu restrukturisasi sektoral dan korporasi. Untuk cara sektoral dilakukan dengan menata kembali jumlah BUMN yang ada dengan cara holding seperti merger, likuidasi dan akuisisi.

Sedangkan dengan restrukturisasi korporasi dilakukan dengan cara restrukturisasi keuangan, managemen, organisasi, sistem, prosedur dan operasional.

Terkait terhadap perusahan BUMN yang masih belum optimal dan masih merugi, dilakukan upaya pengelompokan perusahan
tersebut yaitu perusahaan rugi yang masih memiliki prospek dan yang tidak.

Bagi perusahaan yang masih memiliki prospek, akan dilakukan restrukturisasi secara sektoral dengan holding, merger, akuasisi, likuidasi, korposasi dan investasi baru.(asr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top