Olah Raga

Indonesia Gelar 37 Cabor SEA GAMES XXVI 2011

SEKRETARIS menteri Pemuda dan Olahraga M Rachman mengatakan, Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sea Games XXVI tahun 2011 di  Palembang mempertandingkan 37 cabang olahraga (cabor) atau bertambah dari rencana semula yang hanya 34 cabang  olahraga.
Mensukseskan pelaksanaan Sea Games tersebut, akan dilakukan rehabilitasi dan renovasi semua arena, gedung dan lapangan,  semua pekerjaan tersebut akan selesai pada Juni 2011, katanya dalam rapat Panja dengan Komisi X DPR RI Jakarta,  Senin (10/5).

Perbaikan terhadap arena dan lapangan tidak hanya dilakukan di Palembang, saja tapi juga di daerah lain yang ditunjuk  sebagai penyelenggara pertandingan seperti di DKI Jakarta, Jabar, dan Jateng.

DKI Jakarta dalam Sea Games XXVI yang akan datang menyelengarakan 15 cabang olahraga, seperti cabang balap sepeda, bola basket, anggar, tenis lapangan, judo, layar, pencak silat, sepakbola, kempo, futsal, bowling, bulutangkis, wushu,  tenis meja, dan karate.

Sumsel sendiri mendapat jatah untuk 11 cabang olahraga dan sisanya dilakukan di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk  penunjukan tempat tersebut sesuai dengan kesepakatan yang ditetapkan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Dalam pelaksanaan tersebut, Kemenegpora menyediakan angaran untuk Sea Games dan Pra Sea Games sekitar Rp1 triliun dalam  pagu indikatif 2011, yang diperuntukan bagi persiapan dengan rehabilitasi dan renovasi lapangan, gedung dan arena,  serta pelaksanaan Sea Games.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatera Selatan (Sumsel) Musyrif Suwardi mengatakan, Sumsel sudah siap menjadi tuan rumah  Sea Games XXVI dengan ketempatan 11 cabor, meliputi senam, atletik, angkat besi/berat, gulat, ski air, loncat indah,  polo air, renang, sepakbola, bowling dan penembak.

Meski Sumsel telah mempersiapkan arena dan lapangan untuk ke-11 cabor tersebut, tapi juga mempersiapkan arena dan  lapangan untuk berbagai cabang yang kemungkinan juga diadakan di Palambang Sumsel tersebut. (dep/asr)

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top