Otomotif

Mobnas Rajawali Karya Siswa SMK Diluncurkan

{xtypo_dropcap}M{/xtypo_dropcap}OBIL nasional Rajawali prototipe karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Indonesia, pada 17 Agustus 2010 bertepatan HUT ke-65 Kemerdekaan RI, akan dilepas ke pasaran Indonesia.

Masyarakat sudah bisa memesan dari sekarang,” kata Chief Executive Officer PT Autocar Industri Komponen, Ricky Tampinongkol, di arena Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK XVIII dan pameran Produk Teaching Industry di Arena Pekan Raya Jakarta, Jumat 14 Mei 2010.

Menurut dia, perusahaannya berperan sebagai mitra para siswa SMK dalam pembuatan mobil ini, termasuk mempromosikan dan memasarkannya.

Dua tipe mobil dipasarkan, sport utility vehicle (SUV) dan kabin ganda (double cabin). Komponen mobil, terutama mesin mobilnya, katanya, dirakit dan diproduksi di dalam negeri, dengan tiga kapasitas pilihan mesin diesel 1.800 cc, 2.000 cc, dan 2.400 cc.

Mobil-mobil ini dijual dengan harga Rp175 juta, agen tunggal pemegang merk (ATPM) adalah PT Solo Manufaktur Kreasi. Ricky optimistis penjualan pada saat peluncuran nanti sebanyak 250 transaksi.

Perakitan mobnas SMK itu melibatkan 12 SMK jurusan Otomotif, di antaranya SMKN 1 Singosari (Kabupaten Malang, Jawa Timur), SMK Warga Surakarta (Jawa Tengah), SMKN 5 Surakarta, dan SMK Muhammadiyah 2 Borobudur (Magelang, Jawa Tengah).

“Target kami adalah, SMK-nya tumbuh, dan didampingi oleh usaha kecil menengah setempat,” kata Ricky. (tz)

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top