Teknologi

BPPT Luncurkan Mesin Risalah Notulensi Rapat

{xtypo_dropcap}B{/xtypo_dropcap}ADAN Pengkajian dan Penerapan Teknologi berhasil membuat sistem penghasil risalah dan resume pertemuan otomatis (notulensi rapat otomatis) dikembangkan oleh para peneliti/perakayasa BPPT.

Indonesia saat ini memasuki era baru dalam penerapan teknologi pengenal wicara, yaitu teknologi sangat penting karena menyangkut penguasaan komputasi bahasa Indoneisa, kata Kepala BPPTDr Marzan A. Iskandar pada peluncuran perisalah tersebut di Gedung BPPT Jakarta, Rabu 19 Mei 2010.

Menurutnya, sistem penghasil risalah dan resume pertemuan melalui penguasaan komputasi bahasa Indonesia merupakan satu bidang penelitian dan perekayasaan masih sangat jarang dilakukan lembaga litbang dan institusi pendidikan di Indonesia.

Bahasa Indonesia adalah aset bangsa yang tidak ternilai harganya, karena itu seharusnya sudah mampu dikuasai oleh bangsa Indonesia, lebih dari siapapun juga, katanya. Sistem penghasil risalah dan resume pertemuan otomatis tersebut dinamakan perisalah, dan merupakan suatu terobosan teknologi yang diharapkan menjadi solusi bagi kecepatan, ketepatan, keamanan, dan kemudahan dalam pembuatan risalah dan resume pertemuan.

Dia mengharapkan perisalah tersebut dapat diterapkan kemasyarakat secara luas, dan untuk maksud itu BPPT bermaksud akan menggandeng mitra industri serta menjalin kerja sama dengan PT Inti sebagai perusahaan BUMN bergerak dalam bidang teknologi informasi dan teknologi. Dengan demikian, kerja sama tersebutdiharapkan mampu mendorongbangkitnya industri teknologi informasi dan komunikasi diIndonesia, katanya.(dep/ds)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top