Politik

SBY Ingatkan Usai Kongres Tetap Damai dan Bersatu

KETUA Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, membuka sidang pleno pertama Kongres II Partai Demokrat.

Menurut Ketua Panitia Kongres, Didik Mukriyanto, dalam sambutannya, SBY memberikan wejangan pada para peserta kongres. SBY berpesan agar peserta kongres mengingat ada 22 juta pemilih Demokrat. SBY, ujar dia, minta peserta menjaga kesantunan.

“SBY mengingatkan anggota kongres mewakili pemilih Demokrat,” kata Didik di area Kongres II Partai Demokrat di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Bandung, Sabtu 2 Mei 2010. SBY juga berharap, usai pemilihan ketua umum peserta kongres tetap damai dan bersatu, siapapun yang nantinya terpilih jadi ketua umum.

“Mari kita tunjukkan pada dunia, termasuk lawan politik yang ingin kita (Demokrat) rusak. Tunjukkan pada mereka kita tidak ingin rusak,” kata Didik, menirukan ucapan SBY. Dalam pembukaan kongres Jumat malam, SBY juga menyampaikan pesan senada pada kandidat ketua umum.

“Betapapun kerasnya kompetisi, jangan melampaui batas kepatutan. Cegah politik dengan segala cara, politik uang, dan kekerasan yang tak semestinya. Jangan sampai beradu domba,” kata SBY dalam pidato sambutannya.

SBY tak memungkiri perebutan sebuah kursi pemimpin memicu ketegangan dan benturan aspirasi. Hal itu dianggapnya wajar dan terjadi hampir di seluruh partai politik. Tapi, ia mengajak seluruh kader untuk menjaga martabat partai dalam mewujudkan etika dan moral politik.

Kongres II Partai Demokrat ini akan menjadi ajang pemilihan ketua umum baru menggantikan Hadi Utomo. Tiga kandidat yang akan bertarung adalah Andi Mallarangeng, Anas Urbaningrum, dan Marzuki Alie. (viva/asr)

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top