Hukum

Anggodo Divonis 4 Tahun Penjara

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi memvonis Anggodo Widjojo hukuman empat tahun penjara, dalam kasus dugaan korupsi percobaan suap kepada Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Majelis Hakim yang diketuai Tjokorda Rai Suamba, dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (30/8/2010) menyatakan Anggodo Widjojo bersalah melakukan korupsi, sehingga terdakwa juga dihukum untuk membayar denda sebesar Rp150 juta subsider tiga bulan penjara.

Terdakwa dinilai majelis dalam perbuatannya, telah melakukan korupsi bersama-sama dengan saksi Ary Muladi dan Eddy Sumarsono, sehingga harus dijatuhi hukuman setimpal dengan perbuatannya, ujar Hakim Tjokorda Rai Suamba.

Dalam pertimbangannya, majelis menilai Anggodo terbukti mencoba menghalangi penyidikan KPK atas Anggoro Widjojo terkait dugaan korupsi Sistem Komunikasi Radio Terpadu (SKRT). Penghalangan ini dilakukan dengan cara menggelontorkan uang Rp5,1 miliar pada 2008.

Vonis ini lebih rendah dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada 16 Agustus 2010 lalu yakni pidana enam tahun penjara, karena dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan menghalangi upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.

Selain hukuman enam tahun penjara, JPU juga meminta hakim menjatuhkan hukuman denda Rp200 juta subsider enam bulan penjara. Jaksa menilai, Anggodo terbukti melakukan pelanggaran sesuai dengan dakwaan pertama Pasal 21 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Pasal 15 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Jaksa juga menilai Anggodo telah membuat citra penegakan hukum di Indonesia menjadi buruk. Selain itu, Anggodo terbukti tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi.(dep/ds)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top