Otomotif

Toyota Tarik 1,5 Juta Mobil

Toyota akan menarik lebih dari 1,5 juta unit kendaraan di seluruh dunia karena ada masalah kebocoran minyak rem serta penutup pompa bahan bakar.

Sebagian mobil Toyota mengalami kedua masalah tersebut, lapor Roland Buerk, Kamis (21/10/2010) di Tokyo. Foto Toyota Avalon yang diproduksi antara tahun 2005-2006 juga ditarik.

Hal ini menyusul penarikan besar-besaran dilakukan perusahaan otomotif paling besar di dunia itu tahun lalu, merusak reputasinya sebagai pembuat mobil yang berkualitas.

Toyota mengungkapkan tidak ada kecelakaan sudah dilaporkan akibat kedua masalah tersebut, tetapi secara keseluruhan lebih dari 1,5 juta kendaraan mengalami masalah itu termasuk Toyota Crown dan Avalon yang populer, dan beberapa model dari Lexus.

Separuhnya terdapat di Amerika Utara, dan sebagian besar sisanya di Jepang. Pada beberapa mobil Toyota minyak bisa bocor dari silinder induk rem, sehingga mengurangi kemampun menghentikan kendaraan.

Pada kendaraan Toyota lain penutup plastik pada pompa bahan bakar bisa meleleh, sehingga sulit menghidupkan mesin atau mesin jadi cenderung mati. Reputasi Toyota mengenai keamanan dan sebagai kendaraan yang bisa diandalkan sudah rusak oleh serangkaian penarikan yang bermula bulan November 2009.

Toyota di denda 16,4 juta dolar USA. Jumlah ini merupakan denda tertinggi dalam sejarah di Amerika Serikat karena lambat mengambil tindakan untuk memperbaiki persoalan pada pedal gas.(bbc/ds)

 

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top