Sumut

Ini Pendapat Ketua DPRD Soal Kenaikan Tarif Air

MataBangsa – Medan : Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Wagirin Arman, S.Sos menegaskan, tidak ada kapasitas dan kewenangan anggota DPRD menolak atau menerima kenaikan tarif air PDAM Tirtanadi. Sebab posisi dewan hanya sebatas tempat untuk menyampaikan konsultasi dari Tirtanadi soal adanya kenaikan tarif.

“Konsultasi yang disampaikan PDAM Tirtanadi ke DPRD Sumut soal rencana kenaikan tarif tersebut mengacu Perda Nomor 10 tahun 2009. Dimana dalam posisi konsultasi tersebut sama sekali tidak ada kapasitas memutuskan dan menghasilkan keputusan apapun, yakni menyatakan menolak ataupun menerima rencana kenaikan tarif air yang disampaikan dewan,” Wagirin Arman menjawab wartawan di gedung DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (3/5/2017).

Wagirin menjawab hal itu menyikapi adanya sejumlah pihak di masyarakat, termasuk Anggota DPRDSU yang menyatakan menolak kenaikan tarif air PDAM Tirtanadi.

“Namun saran saya, sembari melakukan konsultasi ke DPRDSU , PDAM Tirtanadi harus juga gencar melakukan sosialisasi kenaikan tarif air tersebut ke masyarakat pelanggan. Hal ini penting agar masyarakat pengguna tidak terkejut dan beranggapan kenaikan tarif air dilakukan secara mendadak,” kata politisi Partai Golkar Sumut ini.

Baca Juga :   Partisipasi Sukseskan TMMD ke-99, PDAM Tirtanadi Gratiskan Air Bersih

Lebih lanjut Wagirin menjelaskan, sosialisasi kenaikan tarif air tersebut, juga harus dibarengi dengan agenda tanya jawab dari PDAM Tirtanadi dengan masyarakat pelanggan.

“Harus  dibuka dialog  interaktif dari masyarakat pelanggan dengan PDAM Tirtanadi. Misalnya pelanggan mempertanyakan ke Tirtanadi, kenapa tarif air naik, hingg kenapa air kotor dan sering macet,”kata Wagirin.

Menurut Wagirin , jika hal tersebut dilakukan PDAM Tirtanadi maka diyakini masyarakat pelanggan akan merasa diperhatikan. “Kita berharap dengan naiknya tarif air nanti, hendaknya juga dibarengi dengan meningkatnya pelayanan dan kualitas serta kuantitas air yang diberikan ke masyarakat pelanggan,” sebutnya. (wd-09)

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top