Pendidikan

Mahasiswa Unpri Kembali Menjuarai Pemilihan Duta Bahasa

MataBangsa – Medan : Selama 2 (dua) tahun berturut-turut, mahasiswa Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan meraih juara dalam Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Sumatera Utara.

Tahun ini, mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Winro EM Tamba berhasil menjadi Duta Bahasa Provinsi Sumut 2017, beberapa waktu lalu di Hotel Garuda Plaza Jalan SM. Raja Medan.

Pada tahun sebelumnya, predikat Duta Bahasa Sumut 2016 juga diraih oleh mahasiswa UNPRI Medan Dina Anggraini dan Adi Putra Rajagukguk.

Dekan FKIP UNPRI, Dian Syahfitri SS M.Hum kepada wartawan, Rabu (31/5/2017) mengatakan, keberhasilan Winro, tidak terlepas dari kerja keras dan berdoa kepada Tuhan YME.

Selain itu, kata Dian, semua juga berkat dukungan penuh dari keluarga dan segenap sivitas akademika UNPRI, yang menjadi penyemangat tersendiri bagi Winro EM Tamba, untuk menorehkan prestasi terbaik demi nama baik UNPRI di Sumatera Utara.

“Kompetisi tahunan besutan Balai Bahasa Sumatera Utara ini didesain untuk mendapatkan Duta Bahasa yang memiliki kecerdasan yang seimbang, antara IQ, EQ, dan SQ,” kata Dian yang juga pernah menjadi Duta Bahasa Prov. Sumut tahun 2008 lalu.

Baca Juga :   Kunci agar Proposal Penelitian Dosen Dibiayai Ristekdikti

Sehingga, kata Dian, tidak heran jika berbagai kategori tes; presentasi makalah, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) hingga wawancara kepribadian harus dilalui oleh semua peserta.

Di tempat terpisah, Ketua BPH UNPRI Dr Tomy Leonard SH MKn, menyatakan bangga atas prestasi yang diraih Winro EM Tamba.

Menurut Tommy, ini bukti UNPRI Medan selain menjamain mutu pendidikan. UNPRi juga ikut menjadi penyumbaang prestasi untuk Provinsi Sumatera Utara. “Melalui prestasi ini, kami berharap dapat menjadi mitra untuk mendukung program pemerintah,” kata tokoh pendidikan Sumut ini meyakinkan.

Ditambahkan doktor muda ini juga, bahwa hal ini memang telah menjadi misi UNPRI untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada seluruh mahasiswa mencetak prestasi di berbagai ajang, baik akademik maupun non-akademik di luar kampus.

Semua prestasi yang ditorehkan mahasiswa, kata Tommy, akan mendapatkan apresiasi dari kampus, termasuk untuk mendukung kesuksesan Winro di tingkat nasional Oktober 2017 mendatang di Jakarta.

Sebagaimana yang diketahui, pemilihan Duta Bahasa Prov. Sumut 2017 dilaksanakan dari tanggal 18 sampai 24 Mei 2017. Untuk tahun ini, lebih dari 150 peserta, baik mahasiswa yang berasal dari hampir seluruh PTN/PTS se-Provinsi Sumatera Utara, maupun masyarakat umum yang mendaftar sebagai peserta.

Baca Juga :   Siswa/i Global Prima Melaju ke OSK 2017 di Tangerang Selatan

Namun, setelah melewati berbagai tes, termasuk presentasi tentang ide atau gagasan tentang kebahasaan, hanya 20 finalis putera dan puteri saja yang berhak masuk ke malam puncak.

Malam puncak Pemilihan Duta Bahasa Prov. Sumatera Utara 2017, bertajuk ‘Rupawan karena Bahasa’. Pada acara puncak, dewan juri menetapkan 10 finalis putera dan 10 puteri dan pada babak berikutnya mereka diwajibkan menjawab pertanyaan yang diambil secara acak oleh panitia.

Inilah babak yang paling menentukan karena tidak satupun di antara finalis yang tahu dengan butir pertanyaan yang akan diberikan dan jawaban mereka menjadi penilaian terakhir bagi keenam dewan juri.

Akhirnya, setelah melewati musyawarah yang sangat alot, untuk kategori putera, para dewan juri menetapkan Winro Eko Marius Tamba sebagai Duta Bahasa Prov. Sumut 2017 dan untuk kategori puteri diraih oleh Yunita Marpaung dari Universitas Sumatera Utara (USU).

Selanjutnya mereka berdua secara intens akan diberi pembekalan dan berbagai persiapan di Balai Bahasa Sumut untuk mengikuti ajang Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2017 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang di Jakarta. (rel/wd-09)

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top