di Sini "> Pengumuman Hasil SBMPTN 2017 Bisa Dicek di Sini - MataBangsa
Pendidikan

Pengumuman Hasil SBMPTN 2017 Bisa Dicek di Sini

Matabangsa-Jakarta: Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negara (SBMPTN) 2017 resmi diumumkan pada pukul 14.00 WIB. Total 148.066 peserta dinyatakan lulus, atau 14,36 persen dari jumlah peserta.

Selain di situs resmi, ada 12 halaman mirror di 12 Perguruan Tinggi Negara seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Dipenegoro (UNDIP) atau Universitas Gajah Mada (UGM).

Pada konferensi pers di Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir berulang-ulang kali menegaskan, kemarin, selain mengetahui tautan tempat mengecek hasil SMBPTN 2017, penting juga untuk mengetahui cara mencari hasil peserta.

“Selain mengetahui di mana, yang juga tidak kalah penting adalah cara melihat seseorang di daftar pengumuman nanti. Jangan lupa untuk menyiapkan nomer peserta dan tanggal lahir jika ingin mengecek. Siapapun yang mengetahui dua hal ini bisa mengecek dan mungkin bisa langsung mengucapkan selamat,” ungkap Menristekdikti.

Selain menekankan pentingnya orang tahu cara melihat hasil SMBPTN 2017, Mohamad Nasir juga mengumumkan beberapa data menarik dari hasil SBMPTN kali ini.

Baca Juga :   Kunci agar Proposal Penelitian Dosen Dibiayai Ristekdikti

Dari 148 ribu peserta SMBPTN 2017, jumlah peserta yang memilih prodi Saintek lebih banyak yang lolos dibanding peserta Soshum dan kelompok Campuran. Ada sebanyak 61.015 peserta Saintek diterima, 59.714 peserta Soshum dan 27.337 peserta kelompok Campuran.

Selain itu, diumumkan juga sepuluh Perguruan Tinggi Negara (PTN) dengan nilai rata-rata paling tinggi di kelompok ujian Saintek adalah, sesuai urutan, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia(UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Dipenegoro (UNDIP), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan, terakhir, UPN Veteran Yogyakarta.

Sedangkan PTN dengan nilai rata-rata paling tinggi untuk kelompok ujian Soshum adalah, sesuai urutan, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Airlangga (UA), Universitas Dipenegoro (UNDIP), Universitas Brawijaya (UB), UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Jendral Sudirman (UNSOED).

Tercatat juga peserta SMBPTN 2017 dengan nilai tertinggi di kelompok ujian Saintek dan Soshum diraih peserta yang diterima di UI pada prodi Ilmu Komputer dan Ilmu Ekonomi, sedangkan dari kelompok ujian Soshum atau Bahasa diraih peserta yang diterima di UA pada Sastra Inggris.

Baca Juga :   Tim Gabungan Kembali Amankan 3 Sepeda Motor

Hasil menarik lainnya adalah ada 38 peserta disabilitas yang diterima pada SBMPTN 2017 dari 226 peserta terdaftar. Jenis difabel yang dialami 38 peserta ini adalah tuna netra, tuna rungu, tuna wicara dan tuna daksa.(dave)

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top