Olahraga

90 Pegolf Ramaikan Liga Foursome 2017

Matabangsa-Medan: Sebanyak 90 pegolf ambilbagian pada Liga Foursome II/2017 yang dimulai 15 Juli mendatang di lapangan golf Royal Sumatera dan Graha Helvetia Medan.

Ketua Pengprov PGI HM Ichsan Hakim Batubara di sela-sela undian turnamen yang digelar di Bros Driving Range Lanud Medan, Minggu (9/7) mengatakan, pihaknya menyatakan gembira event yang rencananya berlangsung selama dua bulan ini mendapat respon yang positif dari para pegolf daerah ini.

“Diantara peserta yang ikut pada Liga Foursome II ini yakni Jhony Sitepu (juara Piala Gubsu) serta pegolf handal daerah ini,” katanya.

Selain itu diantara peserta tercatat dua anggota DPRD Sumut yakni H Muchrid “Coki” Nasution (Ketua Umum Pengprov PRSI Sumut) dan Yanthony Purba.

Event yang mem­perebutkan Piala PGI Sumut itu akan dilak­sanakan dalam dua flight yakni flight A dan flight B. Flight A menggunakan sistem pertandingan pstroke Play, se­mentara Flight B  Match Play.

Disebutkannya, pada tropi Liga Foursome itu memiliki delapan sisi. Nama juara akan diukir pada tiap sisi tropi. “Melalui tropi ini bisa dilihat siapa saja yang juara tiap tahun,” ujarnya.

Baca Juga :   Wisata Halal Bisa Tingkatkan Perekonomian Daerah

Tampil sebagai juara tahun lalu, dari flight A yakni Mansyur Amin (Jeumpa Aceh) dan Flight B yakni Rudi Tan (Elite Medan).

Ichsan menyatakan, Liga Foursome itu merupakan event golf satu-satunya yang digelar di Indonesia. “PGI Sumut adalah pemerkasa Liga Foursome di Indonesia. Diharapkan melalui turnamen ini kekompa­kan sesama golfer akan semakin kompak dan meng­kristal,” tegasnya.

Selain itu, Liga Foursome yang merupakan salah satu program Pengprov PGI Sumut dalam upaya untuk memasyarakatkan olahraga golf di Sumut.

Hadiah

Sementara itu, Panitia Pelaksana Liga Fo­ursome II/2017, Ricky Marwan menyebutkan, turnamen akan digelar pada setiap  Selasa, Sabtu dan Minggu.

Adapun hadiah yang diperebutkan yakni untuk Flight A, juara trip to Bali, runner-up trip to Kuala Lumpur dan peringkat ketiga trip to Jakarta.

Sedangkan Flight B mem­perebutkan hadiah juara  trip to Kuala Lumpur, runner up trip to Jakarta dan pering­kat ketiga trip to Batam.

Khusus untuk flight A ada tambahan hadiah untuk fnalis dengan skor minimal 83 akan mendapatkan 1 unit Rumah un­tuk setiap finalis team.

Baca Juga :   Islam Dinilai tak Sesuai Budaya Angola

Atlet Pelajar

Sementara itu dari sisi prestasi PGI Sumut berupaya menjaring bibit-bibit atlet golf berbakat dari kalangan pelajar untuk disiapkan menjadi pegolf handal masa depan.

“Salah satu program jangka pendek yang akan kami lakukan adalah menjaring atlet dari kalangan pelajar,” kata  Ichsan Batubara.

Dalam mendukung kemajuan olahraga golf, menurut dia, PGI Sumut sedang menjalankan program pengenalan dan pembinaan olahraga kepada bibit-bibit baru di beberapa sekolah di Medan.

Para pelajar yang dinilai berminat dan berbakat mengikuti olah raga yang dianggap sebagai olahraga mahal ini selanjutnya akan diberikan kesempatan secara bergilir untuk berlatih di driving range Lanud Medan.

Dalam upaya mencetak pegolf handal, kata Ichsan, pembinaan atlet harus dilakukan sejak usia dini secara terencana, terukur dan berkelanjutan agar kelak mereka diharapkan mampu mengharumkan kembali nama Sumut di tingkat nasional maupun internasional.

“Melalui program pembinaan tersebut, kami optimistis beberapa tahun mendatang Sumut akan banyak melahirkan atlet golf berprestasi nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Sumut di era tahun 1980-an banyak menghasilkan pegolf handal yang mampu mengharumkan nama provinsi itu di berbagai kejuaraan berskala nasional dan internasional, seperti Suparman dan Suparno.

Baca Juga :   Rabu Malam Sampai Kamis Subuh 20 Tiang Reklame Ilegal Dibongkar

Untuk mengembalikan kejayaan golf Sumut di kancah olahraga nasional maupun internasional, Ichsan mengakui pihaknya masih membutuhkan dukungan dari berbagai pihak yang berkeinginan kuat memajukan golf di daerah itu.

“Agar pembinaan olah raga golf benar-benar menghasilkan bibit-bibit atlet profesional tentunya butuh dukungan dari semua pihak, baik orang tua, sekolah, masyarakat, BUMN, swasta maupun pemerintah,” ucapnya.(dave)

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top