Medan

Puluhan Veteran Terima Penghargaan dari Merah Putih Community

Medan – Puluhan mantan pejuang ’45 atau veteran, menerima bingkisan dan plakat cenderamata saat kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh Merah Putih Community, Sabtu (19/8/2017) siang.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud peduli dan rasa syukur kepada para pejuang yang mempertahankan dan meraih kemerdekaan, serta merebut negara kesatuan Republik Indonesia dari tangan para penjajah.

“Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan Merah Putih Community ini dilaksanakan sebagai bukti kita, kaula muda menghormati para pejuang dalam meraih kemerdekaan. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga menjadi rutinitas kami, agar dapat selalu ada untuk masyarakat dan rakyat Sumatera Utara,” tutur Ketua Panitia, Riza Anzhari kepada wartawan usai kegiatan di Gedung Juang ’45 Jl. Pemuda Medan.

Sementara itu, Ketua Umum Merah Putih Community, Sugiarto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sumbangsih dari komunitas yang mengatasnamakan Merah Putih, karena perjuangan para pejuang ini tidak dapat dibayar dengan materi terkecuali dengan menghargai dan menghormati para veteran. “Di momen tujuh belasan inilah menjadi langkah awal Merah Putih Community dapat bersinergi dengan pemerintah dalam membangun bangsa dan menjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia. Sehingga nantinya, para muda-mudi dan masyarakat Sumatera Utara dapat memberikan sumbangsih kepada republik ini.”

Dalam acara yang turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Medan Iswanda Ramli ini, Ketua Harian Guang Ming Xu menyatakan meskipun Merah Putih Community masih berusia muda, namun ke-eksistensi-annya cukup luar biasa. Apalagi tidak banyak organisasi dan komunitas yang menyelenggarakan kegiatan yang mengingat perjuangan dan jasa para veteran.

“Kami bersyukur kegiatan ini berjalan sukses. Mudah – mudahan komunitas ini menjadi perkumpulan yang mempunyai semangat juang, patriotisme, dengan menjunjung tinggi pancasila, sebagai dasar negara kita yang tidak bisa diubah, dan komunitas itu merupakan organisasi sosial yang tanggung jawab kedepannya,” ujar Sekretaris DPD LVRI Sumatera Utara, Sudarma yang hadir dalam acara tersebut.

Ia melanjutkan, komunitas yang menjunjung slogan ‘Solidaritas Tanpa Batas’ ini memiliki nilai bagi negara, karena mempunyai nama Merah Putih yakni bendera Indonesia .

Kegiatan bakti sosial yang dihadiri oleh puluhan veteran ini dimeriahkan berbagai hiburan musik mulai dari pembacaan puisi oleh veteran, menyanyikan lagi kebangsaan, musik kroncong, serta kisah bagaimana para veteran saat memperjuangkan kemerdekaan tempo dulu. Bakti sosial diakhiri dengan pemberian plakat kepada para veteran serta ditutup dengan doa dan foto bersama.(rv-17)

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top