Hukum

Edarkan Sabu 100 Gram, Doni Divonis 15 Tahun Penjara

Matabangsa – Medan : Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan menjatuhkan vonis 15 tahun penjara terhadap terdakwa kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu seberat 100 gram.

“Terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan perbuatan sebagaimana diatur dalam pasal 114 ayat 2 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” kata Ketua Majelis Hakim, Akhmad Sayuti dalam sidang yang berlangsung di ruang Cakra II PN Medan, Selasa (29/08/2017) sore.

Selain hukuman penjara 15 tahun, terdakwa Doni Riandi Hutabarat yang bertindak sebagai perantara juga didenda Rp 1 Miliar subsider 4 (empat) bulan kurungan.

Sedangkan 4 (empat) rekannya yakni, Kurniawan divonis penjara selama 13 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan, serta terdakwa Amri, Zulfikar dan Suryadi masing-masing divonis hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim lebih tinggi dari tuntutan Jaksa yang meminta agar terdakwa dihukum 13 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan.

Mendengar putusan tersebut, terdakwa yang tanpa didampingi penasehat hukumnya menyatakan akan berpikir-pikir terlebih dahulu untuk mengajukan upaya hukum banding.

Baca Juga :   Sabu 134Kg Jaringan Internasional Diamankan di Medan

Hal senada disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Febrina Sebayang. “Mereka pikir-pikir, kita juga pikir-pikir dulu,” tandasnya.

Kasus ini berawal pada Desember 2016 lalu, dimana terdakwa Doni Riandi Hutabarat meminta dari adik iparnya, Arif yang masih dalam daftar pencarian orang (DPO) untuk menjualkan narkotika jenis sabu sebanyak 100 gram kepada terdakwa Zulfikar.

Setelah menyepakati harga sebesar Rp 50 juta, terdakwa Doni sepakat menjumpakan Arif dan Zulfikar untuk menuntaskan transaksi barang haram tersebut. Namun saat hendak melakukan pembayaran, tiba-tiba Zulfikar meminta Doni untuk menghampirinya di areal SPBU Ringroad Kecamatan Sunggal, Kota Medan. Di tempat itulah Doni beserta rekannya disergap oleh petugas kepolisian.(wd-09)

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top