Kesehatan

Tenggorokan Kering dan Gatal, Ini Penyebabnya

Matabangsa-Jakarta: Awal musim penghujan banyak orang yang mengeluhkan tenggorokan yang terasa gatal dan kering. Namun, penyebab satu orang ke orang lainnya tidak bisa disamakan lho karena bisa saja akar permasalahannya berbeda.

Dikutip detikHealth dari Medical News Today, Jumat (3/10/2017), sejumlah hal ini bisa jadi faktor tenggorokan Anda yang terasa tidak nyaman. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Alergi rhinitis
Alergi rhinitis merupakan salah satu penyebab paling umum dari tenggorokan gatal. Alergi yang satu ini terjadi saat tubuh bereaksi biasanya terhadap zat-zat seperti serbuk sari, ketombe, debu, atau asal knalpot. Akibat dari reaksi tersebut tubuh mengeluarkan histamin sehingga munculnya rasa tidak nyaman seperti gatal pada tenggorokan.


2. Alergi makanan
Umumnya orang-orang yang alergi pada kacang, kerang, telur, susu, atau tepung akan mengalami tenggorokan gatal ketika mengonsumsi makanan tersebut. Hal ini dapat berlangsung beberapa jam bahkan menit setelah menelan makanan tersebut.

Alergi obat dan makanan juga bisa sebabkan gatal di tenggorokanAlergi obat dan makanan juga bisa sebabkan gatal di tenggorokan.
Beberapa orang menglami alergi pada obat-obatan tertentu seperti penicillin atau antibiotik. Sebenarnya gejala yang muncul cukup banyak, namun gatal pada tenggorokan juga merupakan salah satu cirinya.

Baca Juga :   Vasektomi Bukan Kebiri Kurangi Libido

4. Radang tenggorokan
Kasus radang tenggorokan atau bakteri tonsilitis dapat diidentifikasi dini dengan gejala tenggorokan gatal sebelum berlanjut ke rasa sakit tenggorokan yang lebih parah. Virus penyebab flu biasanya yang menyebabkan masalah ini.

Dehidrasi bisa sebabkan tenggorkan gatal dan keringDehidrasi bisa sebabkan tenggorkan gatal dan kering.

5. Dehidrasi
Saat tubuh kehilangan lebih banyak air daripada yang dibutuhkan, mulut kering menjadi kering dan berujung pada produksi air liur yang sedikit. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal di tenggorokan.

6. Acid reflux
Acid reflux membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Efeknya, selain sensasi rasa terbakar pada area dada, muncul juga rasa gatal dan kondisi kurang nyaman lainnya pada tenggorokan. (Dtc)

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top