Pendidikan

Bekali Ilmu Pertanahan, ASN Pemko Diklat

Matabangsa-Medan: Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin, S, M.Si diwakili Kepala BKDPSDM Kota Medan, Lahum SH, MM, membuka Pelatihan Manajemen Pertanahan Bagi ASN Kelurahan dan Kecamatan Lingkungan Pemerintah Kota Medan, Senin (6/11/2017) di Fave Hotel, Jalan S Parman Medan.

Pelatihan Manajemen Pertanahan Bagi ASN Pemko Medan yang diprakarsai oleh BKDPSDM Kota Medan ini diperuntukkan untuk membekali ASN Pemko Medan dalam pengurusan dan penataan urusan pertanahan di Kota Medan.

Dalam sambutan Walikota Dzulmi Eldin yang dibacakan Kepala BKDPSDM Lahum, dikatakan bahwa urusan pertanahan merupakan salah satu masalah pokok yang ada di negara Indonesia. Hingga saat ini konflik di bidang pertanahan masih banyak terjadi, baik antara pemerintah dengan masyarakat, antara masyarakat dengan perusahaan ataupun antar individu.

Mengingat vitalnya penyelesaian urusan pertanahan di Indonesia, khususnya di Kota Medan, Pemko Medan memandang pentingnya ASN dibekali dengan Pelatihan Manajemen Pertanahan agar ASN nantinya mampu memiliki kompetensi dalam urusan pertanahan, hingga penyelesaian konflik pertanahan.

“Untuk itu saya berharap seusai pelatihan ini, ASN bisa memiliki kompetensi yang mumpuni di bidang pertanahan, agar mampu memberikan pelayanan terbaik urusan pemerintahan kepada masyarakat,” harap walikota.

Setelah pelatihan ini ASN juga diharapkan mampu memperbaiki sistem administrasi pertanahan yang ada dikecamatan dan kelurahan, sehingga sistem administrasi pemerintahannya bisa lebih tertata baik.

“Manajemen Pertanahan nantinya harus lebih kuat dan berorientasi pelayanan prima serta meningkatkan kepercayaan publik kepada pemerintah. Jangan sampai urusan masyarakat banyak terbengkalai hanya karena sistem manajemen pertanahan di Kecamatan dan Kelurahan yang buruk,” sambungnya.

Hadir dalam pembukaan diklat tersebut Kepala Pusat Diklat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN, Dr. H. Dadang Suhendi, SH, MH, Sekretaris BPPRD Kota Medan Hj. Yusdarlina, dan Kabid Persandian Dinas Kominfo Kota Medan, Topan Ginting.

Sementara itu Panitia Pelaksana, Saleh, mengatakan bahwa diklat ini dilaksanakan sejak tanggal 6 hingga 10 November 2017, dimana akan diikuti sebanyak 90 orang ASN yang menangani urusan Pertanahan di Kecamatan dan Kelurahan.

“Narasumbernya kita undang dari Pusdiklat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN, Kanwil BPN Provsu, Praktisi Pemko Medan, Akademisi USU, serta PTUN yang akan memberi materi administrasi pertanahan, pengadaan tanah, kasus aktual sengketa tanah, hingga pelaksanaan pajak penghasilan dan bea tanah” ujar Saleh.

Output dari diklat ini diharapkan peserta mampu memahami prinsip dasar manajemen Pertanahan yang baik dan melayani, sehingga dalam implementasinya ASN Kecamatan dan Kelurahan dapat menerapkan sistem tata kelola Pemerintahan yang baik dan prima.

Pembukaan Diklat Manajemen Pertanahan ini ditandai dengan penyematan Kartu Tanda Peserta Diklat kepada perwakilan peserta. (Dav)

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top