Kesehatan

Beberapa Cara Mencegah Anak Kena Flu Singapura

Matabangsa-Jakarta: Kalau si kecil kena flu singapura baiknya ‘diisolasi’ di rumah sampai merasa baikan, Bun, supaya nggak menulari anak yang lain.

Tapi kalau situasinya teman anaklah yang kena flu singapura, kita perlu tahu kalau anak paling gampang tertular dalam 7 hari pertama infeksi terjadi. Tapi, virus coxsackie yang bisa menyebar lewat ludah atau tinja ini bisa bertahan di tubuh selama berhari-hari atau berminggu-minggu setelah gejala hilang.

Menurut NHS, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah anak kena flu singapura:

1. Biasakan mencuci tangan sebelum makan pagi, siang dan malam, setelah BAB, beraktivitas, memegang hewan, dan saat mandi.

2. Hindari berbagi cangkir, peralatan makan, handuk dan pakaian dengan orang-orang yang terinfeksi.

3. Disinfeksi permukaan atau benda apapun yang bisa terkontaminasi.

4. Cuci peralatan atau pakaian yang dicurigai terkontaminasi secara terpisah. Mencucinya lebih baik pakai sabun dan air panas.

Kalau anak kena flu singapura:

1. Biasakan mereka menutup mulut atau hidung pakai tisu saat batuk atau bersin, terus buang tisunya ke tempat sampah.
2. ‘Isolasi’ anak di rumah. Jangan bolehkan si kecil masuk sekolah dulu, Bun, sebelum demam dan gejala yang dialami anak hilang. Kalau ragu anak sudah sembuh atau belum, Bunda bisa berkonsultasi ke dokter.

Pada ibu hamil, flu singapura umumnya nggak berbahaya. Tapi, ada kemungkinan kecil itu bisa bikin bayi sakit kalau Bunda terinfeksi sesaat sebelum melahirkan.(Dtc)

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top