Kesehatan

Sakit Saat PMS Bisa Jadi Endometriosis, Ini 5 Tanda Lainnya

Matabangsa-Jakarta: Sakit saat datang bulan merupakan hal yang wajar, namun akan berbeda ketika Anda menemukan lima ciri yang disebutkan di bawah ini. Bisa jadi, sakit yang Anda rasakan disebabkan dari kondisi endometriosis.

Endometriosis adalah jaringan endometrium yang normalnya tumbuh di dalam rahim tapi justru tumbuh di luar rahim. Nah, ciri dari masalah ini adalah rasa sakit saat menstruasi namun bukan sembarang rasa sakit. Dikutip dari Women’s Health, berikut ini ciri-ciri lainnya.

1. Sakitnya berlangsung lebih awal dan lama

Normalnya rasa sakit sebelum menstruasi berlangsung sebelum menstruasi dimulai. Namun, orang dengan endometriosis akan merasakan nyeri beberapa hari sebelum atau bahkan beberapa minggu sebelumnya.

Ketika menstuasi pun terkadang mereka yang mengidap masalah tersebut akan lebih deras namun bisa juga keluar lebih sedikit dari orang-orang pada umumnya.

2. Sulit mengontrol buang air kecil

Sulit mengontrol rasa ingin buang air kecil atau justru merasa sakit saat mengeluarkan air seni adalah ciri selanjutnya. Terkadang, ini diikuti dengan gangguan pada gastrointestinal Anda, sembelit, atau infeksi saluran kencing.

3. Penetrasi terasa sakit
Ketika melakukan hubungan seks, penetrasi yang dalam bisa membuat Anda merasakan sakit teramat sangat jika memiliki kondisi ini. Sebab, saat penetrasi akan memberi tekanan pada ligamen yang menahan rahim (ligamen uterus) dan biasanya itu adalah tempat endometriosis.

4. Pinggang belakang area bawah terasa sakit
Dalam kasus yang jarang terjadi, kelenjar endometrium menyebar ke tempat-tempat yang jauh seperti paru-paru, namun sebagian besar mereka berada tepat di dekat panggul. Inilah yang memicu rasa sakit pada area pinggul belakang bagian bawah serta perut bagian bawah.

5. Sulit hamil
Sejumlah kasus endometriosis ternyata jadi penghalang Anda untuk mendapatkan keturunan. Bahkan, disebut-sebut, endometriosis adalah salah satu penyebab utama infertilitas. Menurut American Society of Reproductive Medicine, lebih dari setengah wanita dengan endometriosis kesulitan untuk hamil.(Dtc)

 

Print Friendly
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top