Kesehatan

Resolusi Sehat Tahun Baru 4 Langkah Kurangi Dampak Buruk Gadget Bagi Mata

Matabangsa-Jakarta: Mengurangi waktu pemakaian gadget untuk menjaga kesehatan merupakan salah satu resolusi sehat tahun baru yang cukup populer. Pakar mengatakan, salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan membatasi penggunaan gadget.
dr Arini Safira Nurul Akbar, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC) Cinere, mengatakan gadget memiliki manfaat untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Namun terlalu lama menggunakan gadget dan menatap layar bisa membuat mata cepat lelah.

“Kalau terus ngeliatin gadget mata jadinya ya cepat lelah, gampang capek. Kalau cepat lelah nanti akan jadinya minus atau rabun jauh. Mata juga lebih gampang kering, gatal, dan berair,” tutur perempuan yang akrab di sapa dr Fira ini kepada detikHealth, usai acara peresmian JEC Klinik Mata Utama Cinere, Cinere, Depok, Kamis (21/12/2017).

Nah, dr Fira punya beberapa tips untuk kamu yang resolusi sehat untuk tahun depannya adalah ingin mengurangi dampak buruk gadget bagi mata. Apa saja?

Prinsip 20/20/20
Prinsip 20/20/20 adalah penggunaan gadget maksimal 20 menit non-stop. Setelah 20 menit, usahakan melihat objek lain dengan jarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Dengan begitu, mata yang tadinya terfokus untuk melihat layar monitor akan kembali rileks setelah melihat di kejauhan.

  1. “Itu alasannya kenapa kita nggak pernah capek pas lihat pemandangan, karena jauh. Kalau lihat layar karena dekat, kerja mata jadi ekstra dan mudah capek,” tuturnya.               Istirahat setiap 2 jam
    Bagi Anda yang bekerja setiap hari di depan komputer, dr Fira mengatakan untuk istirahat setiap 2 jam dari layar monitor. Hal ini bertujuan selain untuk mencegah mata lelah, juga memperbaiki sirkulasi darah.

“Usakahan setiap 2 jam itu stretching, bangun dari tempat duduk,” tambahnya.

Gunakan kacamata yang sesuai

Satu lagi cara untuk menjaga kesehatan mata karena penggunaan gadget bagi yang mengalami kelainan refraksi, yakni menggunakan kacamata yang minus atau plus yang sesuai. Menggunakan kacamata dengan minus dan plus yang sesuai akan mempermudah kerja mata.

“Kalau minus 5 pakai kacamata minus 2, mata akan bekerja lebih keras karena penglihatannya kan tetap tidak jelas. Maka sebaiknya gunakan kacamata atau lensa kontak yang minusnya sesuai, supaya kerja mata tidak berat dan tidak mudah capek,” tandasnya lagi.

Diet gizi seimbang, Faktor makanan juga memengaruhi kesehatan mata lho. Mata juga memerlukan nutrisi dan gizi untuk bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal. “Ya diet gizi seimbang, makan sayur dan buah, makan makanan nutrisi tinggi jangan junk food terus, itu berpengaruh juga menjaga kesehatan mata,” ujarnya.(DtC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top