Sumut

Dua Menteri Resmikan IPLT PDAM Tirtanadi

Matabangsa-Medan: Dua menteri meresmikan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang berlokasi di Jalan Flamboyan, Cemara, Medan, dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) skala Ibukota Kecamatan (IKK) Kabupaten Deli Serdang, Jumat (26/01/2018).

Keduanya yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono.

Peresmian IPTL dan SPAM juga ditandai dengan launching Layanan Sambungan Rumah Air Minum Online dan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT)).

Hadir di sana Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, anggota DPD RI Parlindungan Purba, anggota DPR RI Sofyan Tan, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, tokoh masyarakat Sihar Sitorus, Ketua DPRD Medan Hendri Jhon Hutagalung, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution dan Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo beserta tiga direksi lainnya.

Puan Maharani dalam kesempatan itu mengatakan pembangunan sanitasi sangat penting. Dengan sanitasi yang baik, kata dia, maka akan dapat membuat air bersih dan lingkungan yang bersih.

Baca Juga :   Pemasangan Sambungan Air Baru Bisa Dilakukan Secara Online

“Saya berharap IPLT dan SPAM ini dapat dimanfaatkan masyarakat. Paling penting bagaimana kita dapat merawat dan menjaga instalasi tersebut,” kata Puan.

Sementara Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono mengatakan IPLT ini nantinya akan dikelola PDAM Tirtanadi Provsu. IPLT ini, kata dia, merupakan pengolahan limbah tinja dengan system off side. Nantinya tinja dari rumah tangga akan disedot oleh mobil tangki tinja dan dibawa ke IPLT yang akan diolah menjadi pupuk.

“Sementara airnya akan diproses sesuai dengan baku mutu air dan dibuang ke sungai,” ujar Basuki sembari mengatakan pembangunan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat pada 2016 hingga 2017.

Kata Basuki, IPLT dibangun dengan kapasitas 100 m3/hari yang ditargetkan dapat melayani 50.000 rumah yang memiliki tangki septik individual maupun komunal yang terbangun di wilayah Kota Medan. Sedangkan, SPAM IKK Kabupaten Deli Serdang memiliki kapasitas 50 liter/detik yang dapat melayani hingga 5.000 rumah. (dave)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top