Sumut

Tengku Erry : Penjabat Polri Bakal Plt Gubsu Ketika Jabatan Gubsu Berakhir 17 Juni 2018

Matabangsa-Medan: Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengharapkan sosok Pelaksana Tugas (Plt) yang bakal menggantikannya merupakan pilihan terbaik dari pemerintah pusat.

“Jabatan saya berakhir tanggal 17 Juni 2018. Setelah itu baru ditetapkan siapa pengganti saya (pelaksana tugas). Kalau Plt Gubsu itu harus Keppres, sementara bupati/walikota cukup Kemendagri,” kata Tengku Erry Nuradi kepada wartawan usai meresmikan gedung Inspektorat yang baru di Medan, Jumat (26/01/2018).

Erry mengatakan dirinya tidak memiliki kapasitas untuk menilai pilihan dari pemerintah pusat yang akan menunjuk sosok Plt Gubsu. “Saya tidak bisa menilai, itu etika birokrasi. Tapi kami yakin bahwa pemerintah pasti bisa memikirkan yang terbaik apalagi tahun ini tahun politik, tahun Pilkada,” katanya.

Erry berharap siapapun yang menjadi Plt Gubsu dapat melanjutkan program pemerintahan yang sudah berjalan. “Kepala daerah boleh berganti, kepala SKPD juga boleh berganti, tapi pemerintahan tetap harus berjalan. Saya harap kalau ada program yang baik harus dilanjutkan,” kata Erry.

Sementara Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan pengangkatan pejabat Polri memang dimungkinkan sebagai Plt Gubsu. Alasannya untuk mengantisipasi potensi kerawanan dalam Pilkada di daerah tersebut. “Daerah yang diidentifikasi rawan konflik, menurut saya tepat kalau Polri,” kata Tjahjo.

Baca Juga :   Gubsu Minta Kabupaten Kota Dorong Penggunaan Komputer

Meski begitu, kata Tjahjo, sampai saat ini belum ada keputusan resmi pengangkatan Plt Gubsu karena hingga saat ini pihaknya masih menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo. “Belum ada keputusan, belum keluar Keppresnya,” terang Tjahjo.

Sebelumnya Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul menyebutkan ada dua perwira tinggi (pati) Polri yang disiapkan menjadi Plt Gubernur. Yaitu Irjen Pol M Iriawan untuk Jawa Barat dan Irjen Pol Martuani Sormin untuk Sumatera Utara. (dave)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top