Kesehatan

Ketika Mimpi Buruk Terus Menghantui, Begini Cara Menghentikannya

Matabangsa-Jakarta: Ketika mimpi buruk terus menghantui, selain mengganggu tidur yang nyenyak, mimpi buruk juga bisa berdampak pada kesehatan mental dan emosional. Saat tidur, tubuh secara alami kembali menjadi segar dan meremajakan dirinya sendiri untuk hari berikutnya.

Namun, meski mata terpejam, jangan dikira pikira juga ikut terpejam. Sebab, saat manusia tertidur pulas, pikiran masih tetap aktif. Bahkan seringkali memikirkan banyak hal hingga akhirnya menyebabkan terjadinya mimpi buruk. Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami mimpi buruk dan terbangun, inilah yang bisa Anda lakukan untuk menghentikannya seperti dikutip dari Times of India.

  1. Mencari tahu penyebabnya

    Ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan terjadinya mimpi buruk. Salah satunya disebabkan oleh obat antidepresan. Beberapa obat non-psikologis seperti obat tekanan darah juga menyebabkan mimpi buruk pada orang dewasa. Mimpi buruk juga bisa jadi muncul akibat pengalaman traumatis masa lalu.

    Diakui oleh ahli kesehatan, untuk mengetahui masalah yang mendasarinya, mereka harus tahu dulu apa yang menjadi penyebab mimpi buruk muncul. Jika mimpi buruk Anda adalah hasil dari sleep apnea, gangguan REM, kecemasan atau depresi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatannya.

    2. Kurangi stres

    Stres kerap menjadi alasan di balik banyak masalah kesehatan. Stres bisa mempunyai andil dalam mimpi buruk yang terjadi. Jadi luangkan waktu untuk rileks selama hari berlangsung dan niatkan untuk tidur dengan pikiran yang jernih dan tenang.

    Baik yoga ataupun meditasi merupakan kegiatan yang baik untuk mengurangi stres dan menjernihkan pikiran. Kegiatan lain seperti membaca atau melewatkan waktu bersama keluarga dan orang-orang tercinta dapat membantu meredakan stres serta membuat Anda merasa lebih tenang dan santai.

    3. Perbaiki pola tidur

    Mimpi buruk juga bisa diakibatkan oleh gangguan tidur. Karena itu, mengambil langkah untuk meningkatkan kualitas tidur dapat membantu Anda mencegah mimpi buruk. Jadikan kamar tidur sebagai tempat yang membuat rileks. Jaga kamar tidur Anda tetap rapi dan bersih. Pastikan kamar dalam suhu normal, tidak terlalu panas ataupun tidak terlalu dingin.

    4. Hindari penggunaan gadget saat hendak tidur

    Dampak lampu biru yang dipancarkan dari gadget elektronik bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda. Oleh sebab itu, hindari penggunaan gadget, apalagi handphone Anda menjelang tidur.

    5. Perawatan imagery rehearsal

    Cobalah perawatan imagery rehearsal. Ini adalah jenis terapi kognitif yang terbukti efektif dalam mengurangi mimpi buruk. Dalam terapi ini, Anda didorong untuk membayangkan akhir alternatif untuk mimpi buruk. Misalnya, jika Anda mengalami mimpi buruk, di mana Anda jatuh, bayangkan saja Anda memiliki parasut yang terbuka dan menyelamatkan Anda.

    6. Bicarakan pada seseorang

    Bicarakan pada seseorang tentang apa yang Anda mimpikan. Cari seseorang yang Anda percaya, lalu ceritakan soal mimpi buruk yang Anda alami. Jelaskan juga pada mereka kenapa itu membuat Anda takut. Melepaskan perasaan dapat membantu memberikan rasa tenang.(DtC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top