Kesehatan

Demi Kesehatan, Ini yang Harus dan Jangan Dipakai Saat Tidur

Matabangsa-Jakarta: Memiliki waktu tidur yang cukup adalah salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan. Tetapi, memiliki kualitas tidur yang baik juga tak kalah penting.

Karena tidur sangat terkait dengan kesehatan fisik dan emosional, alangkah baiknya kualitas tidur dijaga dengan pakaian tidur yang tepat setiap malamnya.

Dikutip dari The List, ini pakaian yang sebaiknya jangan dan harus dipakai saat tidur.

Jangan pakai bra
Ini perlu diingat oleh semua wanita, sebaiknya jangan mengenakan bra saat tidur sebab dapat berisiko terhadap berbagai masalah kesehatan. Bra yang sempit akan menghalangi sirkulasi darah di tubuh. Pada kulit, bra yang kencang juga bisa membuat iritasi dan luka. Pada area diafragma, terutama mengenakan bra dengan kawat bisa memberi tekanan yang cukup tinggi sehingga kesulitan bernapas.

Jangan pakai pakaian ketat
Pakaian ketat berisiko terhadap kesehatan, yaitu menghambat sirkulasi darah dan menghambat kemampuan untuk bernapas secara normal sepanjang malam. Berbicara mengenai pernapasan, kulit juga perlu bernapas, dengan mengenakan pakaian ketat bisa berisiko pada kulit juga. Memakai pakaian ketat juga dikaitkan dapat menghambat perkembangan melatonin yang merupakan hormon kunci mengatur siklus tidur.

Jangan pakai make up
Make up memang penting bagi wanita, tapi jangan sampai tidur masih dengan make up. Tidur dengan riasan bisa menumpuk kotoran dan membuat kulit wajah menjadi berminyak. Pori-pori wajah akan tersumbat dan menyebabkan jerawat. Jika produk make up yang digunakan mengandung bahan kimia, ini bisa jauh lebih bahaya karena dapat menyebabkan ruam, iritasi, dan alergi.

Jangan pakai celana dalam

Mungkin sebagian wanita merasa tidak mengenakan pakaian dalam saat tidur bisa membuat lebih nyaman. Hal itu ternyata memengaruhi kesehatan vagina. Saat tidur tidak menggunakan celana dalam, maka daerah vagina tidak tertutup dan tidak menjadi lembab di mana itu menjadi tempat paling nyaman bakteri untuk berkembang biak. Juga bisa mengurangi kemungkinan timbulnya iritasi dan peradangan di daerah vagina.

5. Pakai penutup mata dan penutup telinga
Ada berbagai faktor eksternal yang bisa menghambat kualitas tidur, seperti suara bising atau kamar tidur yang terang. Beberapa kondisi seperti itu bisa dikendalikan dengan menggunakan penutup mata dan penutup telinga. Hal itu sangat membantu karena faktanya menurut penelitian penutup mata dan telinga bisa menyebabkan produksi melatonin lebih tinggi dan banyak waktu yang bisa dihabiskan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.(DtC)

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top