Kesehatan

Selain Gurih Enak, Kaldu Tulang Punya 5 Khasiat Sehat

Matabangsa-Jakarta: Sudah banyak orang tahu kalau sup daging dan ayam bisa menyembuhkan flu. Tapi ternyata ahli menyebutkan kalau kaldu tulang punya banyak manfaat bagi tubuh.

Dr Kulreet Choudhary dalam buku ‘The Prime’ mengatakan jika kaldu tulang adalah makanan super yang bisa membantu penyembuhan dan detoksifikasi tubuh lapor recipes.timesofindia.com.

Membuat kaldu tulang sangat mudah. Anda bisa menambahkan bahan lain dan rempah-rempah hingga menjadi hidangan sop yang lezat. Hidangan ini tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diberikan kaldu tulang bagi tubuh.

1. Memperkuat sendi

Kaldu tulang ternyata mengandung banyak kolagen. Kolagen bisa didapat dari tulang dan kulit binatang. Hal ini ternyata baik untuk persendian Anda. Semakin bertambah usia, kinerja sendi akan semakin menurun. Kaldu tulang bisa mengurangi gesekan antar dua sendi di tubuh. Oleh karena itu, banyak olahragawan yang mengkonsumsi kaldu tulang.

2. Membantu sistem pencernaan
Banyak penyakit yang masuk lewat usus. Karena tubuh menumpuk banyak racun di sana. Baik yang sudah dicerna maupun yang belum dicerna tubuh. Kaldu tulang ternyata mampu meningkatkan bakteri baik. Bakteri baik inilah yang bisa melawan kuman yang merusak sistem pencernaan tubuh. Jika sistem pencernaan tubuh dipenuhi kuman, maka Anda akan mengalami berbagai masalah pencernaan. Kaldu tulang juga dinilai ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. DetoksifikasiKaldu tulang bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Caranya dengan menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti potasium dan glisin. Kedua nutrisi tersebut bisa mendetoksifikasi hati. Selain itu, kaldu tulang juga bisa meremajakan kulit karena kolagen yang terkandung di dalamnya. Kolagen juga dinilai mampu mengurangi keriput di kulit wajah.

4. Baik untuk ibu hamil
Kaldu tulang sangat bergizi bagi ibu hamil yang akan melahirkan. Protein sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Kaldu ini bisa memasok asam amino esensial ke dalam tubuh. Seperti arinin, prolin, dan glisin.

5. Menjaga kesehatan jantungJantung adalah organ yang paling sibuk di tubuh. Organ ini memompa darah dan memasok oksigen ke seluruh tubuh. Glisin yang terkandung dalam kaldu tulang ternyata mampu menjaga kesehatan jantung. Nutrisi ini juga bisa mengurangi kerusakan pada otot jantung.(DtC)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top