Bangsa

Anwar Bakti Insitut Pertegas Peran Masjid

Matabangsa –  Medan : Sejak 17 Pebruari 2018 kemarin, Anwar Bakti Insitut memberi sarapan pagi kepada setiap orang yang sholat shubuh berjamaah di Musholla Taqwa,  Jalan Bambu, Kelurahan Durian, Kecamatan Medan Timur.

Hal itu merupakan penegasan sikap Anwar Bakti Institut bahwa Masjid sebagai pusat pelayanan dan pembinaan umat.

“Di zaman Rasullullah, Masjid Nabawi di Madinah telah menjabarkan fungsinya selain tempat beribadah sehingga lahir peranan masjid yang beraneka ragam,” ujar Anwar Bakti, pendiri Anwar Bakti Institut, ketika ditemui, Sabtu, (24/2/2018).

Sejarah mencatat, lanjut dijelaskannya, tidak kurang dari 10 peranan yang telah diemban oleh masjid tersebut antara lain tempat konsultasi dan komunikasi masalah ekonomi, sosial, budaya serta peran sosial politik lainnya. Substansinya, Masjid menjadi pusat pelayanan masyarakat dan kehadirannya di tengah masyarakat  harus lebih cepat dari pada negara dalam mengatasi berbagai persoalan kehidupan rakyat.

“Maka dari itu, kita ingin memaksimalkan peran masjid yang belakangan  ini jauh dari nilai-nilai keumatan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Anwar menegaskan, program yang baru berjalan ini bertujuan untuk menularkan kepada masyarakat bagaimana peran masjid yang sesungguhnya.

“Lewat program ini, Saya ingin merubah pola pikir kita tentang peran masjid yang sesungguhnya. Sehingga program ini nantinya dapat dilakukan di setiap masjid/musholla yang ada,” tegas alumnus Mualimin Yogyakarta ini.

Sejauh ini, Anwar menyebutkan, ada trend peningkatan sholat shubuh berjamaah di Musholla Taqwa sejak dimulainya program ini.

“Jumlah jemaah yang kita beri sarapan pagi sehabis sholat shubuh berjamaah di Musholla Taqwa kian hari semakin meningkat. Buktinya, setiap hari jemaah semakin ramai memadati musholla untuk sholat shubuh berjamaah dan program ini kita harapkan dilakukan oleh masjid/musholla lainnya,” sebutnya.

Selain itu, ditambahkannya, dalam waktu dekat ini, Anwar Bakti Institut juga akan membagikan sembako kepada orang-orang dari kalangan tidak mampu yang aktif melaksanakan sholat shubuh berjamaah di Masjid.

“Hari Rabu 28 Pebruari 2018 nanti, di musholla Taqwa, Jalan Bambu, Kelurahan Durian, Kecamatan Medan Timur, kita akan membagikan sembako kepada orang-orang dari kalangan tidak mampu yang aktif sholat shubuh berjamaah di masjid/musholla,” tambah ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Pimpinan Daerah Muhammadiyah (LHKP-PDM) kota Medan priode 2010-2015 ini seraya mengatakan pihaknya juga akan memberikan bea siswa kepada anak-anak dari kalangan tidak mampu yang orangtuanya aktif sholat berjamaah di Musholla Taqwa.

Tidak sampai di situ, kata Anwar, pihaknya juga menjamin keamanan dan kenyamanan jemaah yang melaksankan sholat shubuh berjamaah di Musholla Taqwa dengan memberikan jaminan akan mengganti alas kaki jemaah sholat shubuh bilamana hilang.

“Bilamana ada jemaah yang kehilangan alas kakinya, baik sepatu maupun sandal saat sholat shubuh berjamaah di Musholla Taqwa, Anwar Bakti Institut akan menggantinya,” tandasnya. (red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top