Ragam

BMKG: Hati-hati Sumut-Aceh Diterpa Hujan Lebat

Matabangsa-Medan: Kepala Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1, Edison Kurniawan menyampaikan, sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh diprediksi akan berlangsung hujan sedang hingga lebat selama 3 hari kedepan.

Hal serupa, kata dia, juga akan berlangsung di provinsi lainnya, yaitu Sumatera Barat (Sumbar), Riau, serta Kepulauan Riau (Kepri). “Sejak Minggu (25/02/2018) hingga Selasa (27/02/2018) nanti sejumlah wilayah berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat. Yakni di Wilayah Provinsi Aceh, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri,” ungkapnya.

Untuk Provinsi Aceh, terang Edison, wilayah dengan curah hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Subulussalam, Banda Aceh, Bireuen, Blangpidie, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Simeulue, Singkil, Aceh Besar, Karang Baru, Aceh Tengah, Gayo Lues, Kutacane, Tapaktuan, Takengon, Aceh Utara dan Aceh Timur.

“Sementara untuk Provinsi Sumut, wilayah dengan curah hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Asahan, Batubara, Labuhan Batu, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Simalungun,¬† Samosir, Tapanuli Tengah, Padang Lawas, Padang Lawas Utara,Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal,” jelasnya.

Sedangkan Provinsi Sumbar, papar Edison, wilayah dengan curah hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Solok Selatan, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, Agam, Mentawai, Padang, Kota Pariaman dan Padang Pariaman.

Selanjutnya Provinsi Riau, wilayah dengan curah hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Riau bagian Barat seperti Kampar, dan Kuansing.

Begitupun Provinsi Kepri sambungnya, wilayah dengan curah hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Kabupaten Lingga, Bintan, Kota Tanjung Pinang, Anambas dan Natuna. “Seluruh informasi terkait potensi tersebut sudah kami sampaikan kepada seluruh BPBD Propinsi dan BPBD Kabupaten/Kota,” tandasnya.(BSC/SS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top