Ragam

Antisipasi Bahaya Radikal dan Narkoba, Ribuan Pelajar SMP di Medan Diberikan Pembekalan Karakter

Matabangsa-Medan:  Ribuan pelajar siswa menengah pertama sekota Medan melaksanakan kegiatan Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara yang berlangsung di Mako Bataliyon Kavaleri/6 Naga Karimata, Selasa (27/02/2018).

Ini merupakan bagian Implementasi Program Nawacita Presiden Joko Widodo, yang dituangkan dalam Peraturan Presiden No.87 Tahun 2017, tentang penguatan pendidikan karakter.

Sebagaimana yang disampaikan, Direktur Pembina Siswa Menengah Pertama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Supriono usai membuka kegiatan Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara, kepada wartawan menyebutkan dalam pendidikan dan pembinaan karakter dilakukan dengan bermacam-macam cara, baik itu melalui pengarahan maupun membawanya langsung ke titik atau lokasi yang bisa menjelaskan secara langsung tentang bela negara tersebut.

Dengan metode membawa langsung para pelajar ke titik atau lokasi, seperti Kodam, Kodim, dan Bataliyon ternyata jauh lebih berkesan di hati para pelajar yang mengikuti pelatihan ini.

Buktinya lanjut Supriono, ketika kegiatan ini pertama kali berlangsung di Surabaya pada tahun lalu, para pelajar lebih memahami dan mampu memotivatir rekan-rekannya guna menjauhi narkoba, pornografi dan serta paham radikal.

Atas keberhasilan itu, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali melanjutkan program di 2018, yang berlangsung di Ambon yang juga hasilnya sangat positif dalam pembentukan karakter.

Harapan yang sama tentunya, setelah di Ambon kita dari kementerian juga mengadakan kegiatan di Medan, dengan masih dengan tujuan yang sama lanjut Supriono ini agar para pelajar ini bisa menjadi motifator dalam tentang bahaya narkoba dan paham radikal yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Senada dengan itu, Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Cucu Somantri diwakili Staf Ahli Pangdam I Bukit Barisan, Bidang Ilmu Pengetahuan Tekhnik dan Lingkungan, Kolonel Inf Chandra Wirawan, menyatakan sangat mendukung adanya program pendidikan dan pembinaan karakter oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harapannya, dengan pembinaan karakter, kelak ketika mereka memimpin bisa memajukan dan mensejahterakan rakyat yang dipimpinnya.

Masih dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan kota Medan, Hasan Basri mengemukakan sangat mendukung program pembinaan karakter para pelajar terutama membentuk kemandirian yang tangguh sehingga tidak terpengaruh dengan paham radikal dan narkoba tersebut.

Nantinya, Dinas Pendidikan melalui Pemko Medan bersama Kodim 0201/BS, di setiap kecamatan dan kelurahan akan diadakan pembekalan dan pembinaan karakter.

Mengingatkan tantangan ke depannya dan kemajuan teknologi, jadi pembinaan karakter sangat penting.

Hadir mendampingi Direktur Pembina SMP Kemendikbud, dari Mabesad, Waaster Kasad, Brigjen TNI, Dudung Abdurachman, Paban II Puanter Ster Mabesad, Kolonel Inf Yunianto sedangkan dari Kodam I Bukit Barisan, Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Bambang, Wakapendam I Bukit Barisan, Letkol Inf Reinchard Silitonga, Kasi Medlek Pendam, Mayor Inf  Adrial Piliang, Kaur Medtak Pendam I/BB, Lettu SA Sihombing, serta para Asisten, Kabalak, Dandim dan Dansat se Sumatra Utara.(DNAberita/SS)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top