Demokrasi

Soal JK Jadi Cawapres Lagi

Matabangsa-Jakarta:  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menanggapi soal adanya usulan Jusuf Kalla menjadi calon wakil presiden pada Pemilu 2019. Ia pun menyatakan bahwa usulan Jusuf Kalla sebagai calon wakil presiden tersebut masih menjadi ‘debat kusir’.

“Urusan partai politik itu yang mencalonkan,” kata Tjahjo sesuai melakukan rapat dengan pimpinan KPK di gedung KPK, Jakarta, Senin (26/02/2018).

“Begini ya masih ‘debat kusir’ ya. Pengertian dua periode itu berturut-turut atau kah tidak, saya kira mungkin pihak resmi yang menyampaikan apakah dari KPU kah atau apa, penyelenggara kan KPU,” ungkap Tjahjo.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, ia berterima kasih atas usulan dirinya dapat menjadi calon wakil presiden namun ia tidak bisa memenuhi hal itu mengingat konstitusi tidak memperbolehkan jabatan wapres lebih dari dua kali.

“Saya tentu tidak bisa memberikan komentar, saya berterima kasih atas usulan itu tapi akhirnya kembali kepada konstitusi,” kata JK seusai memberikan pengarahan dalam acara Rapat Pimpinan Nasional Institut Lembang 9 di Jakarta, Senin.

Baca Juga :   Keluarga Muslim Penjaga Gereja Makam Suci Yerusalem

UUD 1945 yang telah diamandemen pasal 7 menerangkan Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan. Hal ini membatasi presiden dan wakil presiden hanya diperbolehkan memegang jabatan selama dua periode.(ROL)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top