Pendidikan

UNPRI Gelar Seminar Integrated Palliatif Care to Enhancing Quality Of Life

Matabangsa – Medan : Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Universitas Prima Indonesia menggelar Seminar dengan tema ‘Integrated Palliatif Care to Enhancing Quality Of Life’ di Hotel Danau Toba Internasional Medan.

Seminar tersebut menghadirkan narasumber DR. Christantie Effendy SKp MKes (Dosen dan Peneliti di Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gajah Mada dan merupakan reviewer, penulis buku, pelatih dan instruktrur khusus di bidang Palliatif care).

DR Christantie Effendy dalam paparannya menyebutkan, perawatan paliatif (Paliatif care) merupakan pelayanan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita dan keluarganya, ketika mereka menghadapi masalah-masalah   yang berhubungan dengan penyakit yang mengancam kehidupan, seperti kanker, HIV/AIDS dan lain-lain.

Dikatakannya, jenis perawatan Palliatif terbagi atas palliatif care berbasis   komunitas, berbasis Rumah Sakit, Home Hospice dan berbasis Nursing Home.

Turut hadir juga Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Sumut yang diwakili Seriga Banjarnahor S.Kep Ns MARS,  Rektor UNPRI Dr Chrismis Novalinda Ginting SSiT MKes yang dikili Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri dr. Ali Napiah Nasution MKt,  Dekan FKK UNPRI Ns. Tiarnida Nababan SST SKep MKep beserta jajarannya serta para mahasiswa dan alumni FKK UNPRI.

Baca Juga :   FK-UNPRI Lantik Dokter Periode Mei 2018

Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Sumut yang diwakili Seriga Banjarnahor S.Kep Ns MARS menyatakan rasa   bangganya terhadap FKK UNPRI, atas terselenggaranya acara seminar   keperawatan palliatif care.
Menurutnya, saat ini  masih sangat sedikit tenaga keperawatan yang memahami   tentang palliatif care. Saat ini juga, katanya, PPNI Sumut terus berbenah lewat program kerja menyelesaikan sejumlah persoalan dan tantangan yang dimiliki perawat di Indonesia.
Kepada perawat dia berpesan, agar melayani masyarakat, pasien kita ini dengan baik dan penuh perhatian.

Sementara itu, Dekan FKK UNPRI Ns. Tiarnida Nababan SST SKep MKep kepada wartawan, Jumat (2/3/2018), mengatakan, seminar keperawatan Palliatif Care ini merupakan seminar keperawatan perdana di tahun 2018.
Tiarnida Nababan juga menyampaikan, pelaksanaan seminar keperawatan ini sangat mendukung dalam pencapaian visi misi dari Program Studi Profesi Ners FKK UNPRI.
Dikesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri dr. Ali Napiah Nasution MKt yang mewakili Rektor UNPRI Dr Chrismis Novalinda Ginting SSiT MKes mengatakan, seminar keperawatan ini sangat penting bagi tenaga kesehatan dalam pelaksanaan perawatan pasien   terminasi, baik di Rumah Sakit (RS), Klinik, Puskesmas dan di bidang Pendidikan Keperawatan.
dr Ali juga berharap, dengan seminar ini para mahasiswa dan alumni FKK UNPRI mumpuni nantinya dalam melaksanakan tugasnya, menguasai keahlian, kecakapan serta ketrampilan sebagai perawat. “Memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat merupakan tugas yang mulia,” ucap dr Ali lagi.

Baca Juga :   FK-UNPRI Lantik Dokter Periode Mei 2018

Di tempat terpisah, Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn menambahkan, pihaknya bangga dengan terselenggaranya seminar yang mengangkat tema ‘Integrated Palliatif Care to Enhancing Quality Of Life’ tersebut.
Tommy berharap, FKK UNPRI harus unggul dalam memberikan pengetahuan   kepada para maahasiswa yang nantinya akan mengabdi kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan.
Apalagi, kata Tommy, saat ini tantangan bagi perawat semakin berat. “Saya bangga dengan FKK UNPRI yang sukses menggelar seminar dengan menghadirkan pakar-pakar dibidangnya,”kata tokoh pendidikan Sumut ini laagi. (ril)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top