Entertainment

Red Sparrow Belum Mampu Geser Black Panther di Box Office

Matabangsa:  Saat ini film Black Panther masih menjadi mesin peraup uang dari Marvel. Terbukti ketika perolehan pekan ini yang sebesar US$66,3 juta sudah cukup untuk membuat Black Panther bertahan di posisi puncak box office. 

Ia menjadi satu dari tiga film MCU yang pernah menjadi jawara box office selama tiga minggu berturut-turut, menyusul Captain America: The Winter Soldier dan The Avengers, demikian dilansir dari laman cinemascore, Jumat, 9 Maret 2018.

Black Panther juga menjadi film ketiga tercepat yang mampu melewati raihan US$500 juta, karena minggu ini total pendapatan domestiknya sudah US$501,7 juta.

Perolehan tersebut membuatnya masuk ke dalam 10 besar film terlaris sepanjang masa. Dalam konteks film superhero, Black Panther merupakan film terlaris ketiga sepanjang masa.

Jadi bukan hal yang mustahil Black Panther bisa melewati raihan The Avengers(U$623,4 juta) dan The Dark Knight (US$534,9 juta). Secara global, Black Panthersudah mencatatkan pendapatan $899,9 juta berkat tambahan U$55,7 juta minggu ini dari 56 negara.

Ia resmi menjadi film MCU terlaris kelima secara global, di bawah Captain America: Civil War (US$1,2 miliar). Melewati angka tersebut barangkali bukan lagi target yang sulit dicapai. Terlebih filmnya masih belum tayang di pasar terbesar Asia, yaitu China.

Dikarenakan dominasi Black Panther, Red Sparrow hanya mampu terbang ke posisi kedua dengan U$16,9 juta. Meski dibintangi oleh Jennifer Lawrence yang boleh dibilang salah satu aktris termahal di dunia, Fox sepertinya cukup mawas diri dalam menyusun ekspektasi. Debut tadi sesuai dengan perkiraan awal mereka.

Tak sesuai ekspektasi

Apabila ingin membandingkan, debut Red Sparrow mirip dengan film sejenisnya, yaitu Atomic Blonde (U$18,3 juta). Namun patut dicatat bahwa film tersebut dibuat hanya dengan modal U$30 juta saja, sementara Red Sparrow memakan biaya sampai U$69 juta. Sebanyak 67 negara juga merilis Red Sparrow berbarengan dengan Amerika.

Dari sana, film ini meraup $26,6 juta. Sumbangan terbesar berasal dari UK (U$2,6 juta), Jerman (U$2,4 juta), dan Taiwan (U$2,4 juta). Dan jika Anda bertanya bagaimana tanggapan Rusia sendiri terhadap filmnya di sana? Anda harus menunggu sampai minggu depan karena sekarang ia masih belum tayang di sana. Total debut globalnya menjadi U$43,5 juta.

Remake film klasik Death Wish ternyata tak mampu berbuat banyak di box office. Film yang dibintangi oleh Bruce Willis dan digarap oleh Eli Roth ini hanya memperoleh debut US$13 juta.
Posisi ke empat dihuni runner up minggu lalu, Game Night, yang memperoleh U$10,4 juta. Performanya hanya turun 38,8 persen saja dari minggu lalu. Dalam dua minggu, ia sudah mengumpulkan U$33,2 juta di Amerika dan U$49,5 juta secara global (berkat tambahan U$8,5 juta dari 46 negara).

Tidak adanya alternatif lain untuk penonton anak-anak membuat Peter Rabbit menjadi film dengan penurunan terkecil minggu ini, yaitu 21,6 persen. Perolehan U$10,0 juta menambah pendapatan domestiknya menjadi U$84,1 juta. Sementara itu, total pendapatan globalnya adalah $101,9 juta berkat tambahan U$14,5 juta minggu ini dari 12 negara. (Viva)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top