Medan

Dinas PU Buka Existing Jalan Tembus Pasar Induk Laucih

Matabangsa-Medan: Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  minta  Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan segera mempercepat penyelesaian pengerjaan jalan altenatif  (tembus) yang menghubungkan Pasar Induk Laucih dengan Jalan Jamin Ginting, persisnya Simpang Selayang. Jika jalan tembus ini sudah bisa dilalui, Wali Kota optimis  transaksi jual beli di pasar induk akan semakin menggeliat.

Instruksi Wali Kota tersebut langsung direspon Dinas PU. Pengerjaan terus dikebut agar jalan tembus dapat segera dilalui warga. Dengan beroperasinya jalan tembus ini nantinya, jarak tempuh warga menuju Pasar Induk jauh lebih singkat. Dengan demikian warga tiyang ingin belanja tidak harus melalui Jalan Bunga Turi lagi.

Guna  mempercepat penyelesaian, Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan Harahap setiap harinya turun memantau pengerjaan. Sejumlah alat berat yang dimiliki diturunkan untuk mempercepat pengerasan dan pelebaran jalan. Kerja keras yang dilakukan pun mulai membuahkan hasil, Jumat (13/4), Dinas PU telah membuka existing jalan tembus dari Pasar Induk menuju Simpang Selayang.

“Alhamdulillah, hari ini kita telah membuka existing terusan Pasar Induk Laucih menuju Simpang Selayang. Hanya saja dari Simpang Selayan belum kita buka, sebab masih menunggu jembatan yang kita cor benar-benar kering  agar jembatan benar-benar kuat dilindasi kenderaan bermotor yang akan berlalu-lalang, termasuk truk,” kata Syahnan.

Guna mengantisipasi dan mencegah kenderaan bermotor, terutama mobil  masuk melintasi jembatan yang sudah dicor dari Simpang Selayang, Syahnan mengatakan, pihaknya membuat sejumlah penghalang dari kayu. “Insha Allah sebelum bulan puasa, jalan alternatif ini sudah kita buka sehingga dapat dilalui meski belum dilakukan pengaspalan,” ungkapnya.

Untuk jembatan yang berada di dekat Pasar Induk Laucih, jelas Syahnan, sudah bisa dilalui karena corannya sudah sangat keras. Terbukti, sejumlah mobil  milik Dinas PU yang mendukung percepatan penyelesaian jalan tembus berulangkali melintasinya.”Yang pasti sebelum puasa, jalan tembus ini bisa dioperasikan,” jelasnya.

Berdasarkan amatan di lokasi, Dinas PU  terus melakukan percepatan penyelesaian jalan tembus. Menurut Syahnan, panjang jalan tembus dari  Simpang Selayang menuju Pasar Induk sekitar 1 kilometer dengan lebar 24 meter.  Tampak 3 unit  escavator long ham, 2 unit escavator mini, 2 unit bolduzer, 3 unit greders, 8 unit dump truck serta 1 unit vibro diturunkan untuk mendukung percepatan penyelesaian jalan tembus tersebut.

Berhubung dalam beberapa hari ini hujan, pengerasan yang dilakukan Dinas PU sedikit terganggu karena tanah menjadi becek dan berlumpur, terutama  sekitar jembatan yang dekat dengan Pasar Induk. Meski demikian Syahnan tetap memerintahkan anggotanya terus melakukan pengerasan agar jalan tembus dapat dibuak sebelum puasa. (H)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top