Politik

KPU Sumut Komitmen Partisipasi Masyarakat Meningkat

Matabangsa-Medan: Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea mengatakan, KPU Provsu berkomitmen untuk menjadikan Penyelenggaraan Pilkada Serentak di Sumatera Utara menjadi pelaksanaan Pilkada yang berintegritas, bersih, kondusif dan tingkat partisipasi semakin meningkat.

“Ini   merupakan komitmen kami dengan Gubernur Sumut dan juga para bupati/walikota se-Sumut bagaimana untuk meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat. Bahkan Gubernur Sumatera Utara meyampaikan kepada KPU untuk terus mengadakan sosialisai kepada pemilih pemula dan daerah-daerah,” kata nya pada acara Pembekalan pasangan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serta  Deklarasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pasangan calon Kepala Daerah-Gubernur, Walikota, Bupati beserta para Wakil dan Temu Media yang diselenggarakan oleh KPK dan KPU Sumut, di aula Raja Inal Siregar Lantai 2 Kantor Gubsu, Selasa (24/4/2018).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Mendagri Tjahjo Kumolo, Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, FKPD Provsu, Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea, Ketua Bawaslu, Safrida Rasahan, 21 pasangan calon kepala daerah di Provinsi Sumatera Utara, yaitu 2 pasangan dari Provinsi Sumatera Utara , 3 pasang dari Kota Padang Sidempuan, 4 pasangan dari Kabupaten Batu Bara, 2 pasangan dari Kabupaten Dairi, sepasang dari Kabupaten Deli Serdang, 2 pasangan dari Kabupaten Langkat, 3 pasangan dari Kabupaten Padang Lawas, sepasang dari Kabupaten Padang Lawas Utara dan 3 pasangan dari Kabupaten Tapanuli Utara dan Ketua DPRD kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

Baca Juga :   KPU Sumut Buka Pendaftaran Calon Gubernur pada Januari 2018

KPU juga berkomitmen untuk menjalankan seluruhan tahapan pemilihan kepala daerah merujuk kepada regulasi yang ada. Selain itu KPU menjaga integritas. Kegiatan hari ini merupakan bagian dari komitmen KPU Provinsi Sumatera Utara. “Mengajak KPK untuk berkomitmen bagi kepala daerah untuk anti terhadap korupsi,” ujar Mulia.

Selain itu,  KPU Sumut, selalu menjaga  independensi. “KPU sebagai penyelenggara pemilu selalu menjaga jarak yang sama kepada seluruh pasangan calon kepala daerah,” kata Mulia.

“Kami yakin masyarakat Sumatera Utara percaya, yakin  bahwa yang terpilih itu adalah orang-orang yang memiliki integritas, bersih, komit untuk membangun Sumatera Utara,” ujarnya seraya menambahkan bahwa seluruh tahapan pilkada serentak di Sumut dilakukan secara transparan.

Dalam kegiatan tersebut masing-masing calon Kepala Daerah turut mendeklarasikan harta kekayaannya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk menjadikan Pilkada serentak ini lebih terbuka dan berintegritas. (dave)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top