Demokrasi

Ubah Politisasi SARA Jadi Politik Gagasan

Matabangsa-Jakarta: Sudah saatnya partai politik (parpol) merubah etika politiknya. Mereka harus merubah politisasi suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) menjadi politik gagasan.

Begitu dikatakan Analis Politik Exposit Strategic, Arif Susanto dalam Diskusi Publik Pemilu Tanpa SARA di Up2Yu Resto and Cafe, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (12/05/2018).

“Coba mulai rubah polanya dari politisasi SARA jadi politik gagasan atau politics of idea,” ujar Arif Susanto dalam Diskusi Publik Pemilu Tanpa SARA di Up2Yu Resto and Cafe, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (12/5).
Gagasan atau ideologi yang dimaksud oleh Arif Susanto adalah yang masih dalam koridor tatanan hukum negara yaitu Pancasila dan Demokrasi.

“Jadi mesti dikembangkan sebuah ideologi, bukan ideologi kekhilafahan ya, melainkan ideologi yang masih dalam koridor pancasila dan demokrasi,” jelasnya

“Supaya masyarakat bukan hanya semakin cerdas juga bisa analogis, dengan begitu saya percaya bahwa politik kita punya masa depan yang cerah,” sambung Ari. (RMOL/SS)

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top