Hukum

Curi Pagar Besi, Warga Muliorejo Ramadhan di Penjara

Matabangsa-Medan : Polsek Sunggal menangkap dua pencuri pagar besi ruko di Jalan Orde Baru Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang.

Oleh karena itu, tersangka yang ditangkap berdasarkan laporan korban ini terpaksa menjalankan ibadah Ramadhan di sel tahanan Polsek Sunggal.

Informasi dihimpun di Mapolsek Sunggal, Rabu, (16/5/2018) menyebutkan, dua tersangka yang merupakan warga Medan-Binjai Km 12,5 Orde Baru, Desa Muliorejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang ini masing-masing bernama M Suivo Siregar alias Ivo dan Wihamdani alias Gembul.

Sementara satu rekannya bernama Gembul tengah diburu petugas.

“Keduanya nekat mencuri pagar besi milik Rimbun Sihite (32) warga Jalan Karya Bakti Gang Gereja Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Medan Polonia pada Senin 9 April 2018 lalu,” ujar Kapolsek Sunggal, Kompol Wira Prayatna SH SIK MH didampingi Kanit Reskrim, Iptu Budiman Simanjuntak,SE menjawab matabangsa.com.

Lanjut dijalaskan Wira, masing-masing pelaku memiliki peran berbeda dalam aksi pencurian tersebut.

“Menurut pengakuan Ivo, tersangka Tobok, saat ini tengah kita buron yang mengajak ia untuk mencuri pagar besi milik korban,” jelas mantan Wakasatres Narkoba Polrestabes Medan ini.

Baca Juga :   Sambut Hari Bhayangkara, Polsek Sunggal Bedah Rumah

Diterangkan Wira, setelah berhasil mencuri pagar, kedua pelaku langsung membawa barang hasil kejahatannya ke Jalan Pasar Besar menggunakan becak bermotor.

“Namun di tengah perjalanan, becak yang mengangkut barang hasil kejahatan itu mogok dan di situlah Gembul melintas dan mendorong becak tersebut ke lokasi penampungan barang bekas,” terang mantan Kasat Reskrim Polres Deliserdang ini.

Selanjutnya, disebutkan Wira, dari hasil kejahatan tersebut, pelaku  memperoleh uang sebesar 750 ribu rupiah dan membaginya kepada rekan-rekannya.

“Tobok memperoleh bagian sebesar 250 ribu rupiah. Sedangkan Gembul memproleh bagian 80 ribu rupiah dan sisanya untuk tersangka Ivo sendiri,” sebut Alumnus Akpol Tahun 2005 ini.

Setelah itu, diungkapkan Wira, petugas yang melakukan penyelidikan terkait kasus pencurian tersebut memperoleh informasi tentang keberadaan para pelaku.

“Nah, pada hari Selasa tanggal 8 Mei 2018 sekira Pukul 21.00 WIB, ketika berjalan di seputar kediamannya, tersangka ditangkap dan dibawa ke Polsek Sunggal,” ungkap mantan Kapolsek Delitua ini.

Usai diamankan, para pelaku langsung diboyong ke Mapolsek Sunggal untuk diproses.

Baca Juga :   Gelapkan Sepeda Motor, untuk Beli Sabu, Warga Mencirim Diciduk Polisi

“Imbas perbuatannya,  tersangka terpaksa mendekam di sel tahanan Mapolsek Sunggal karena terbukti melanggar ketentuan yang diatur dalam Pasal 363 Ayat (2) KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara,” tandasnya. (rj)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top