Hankam

Kapolrestabes : Peran Tokoh Agama Sangat Penting

MEDAN-Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr H.Dadang Hartanto menegaskan peran tokoh agama penting dalam mencegah terjadinya konflik berdimensi SARA.

Penegasan tersebut disampaikan Kombes Pol Dadang saat didaulat menjadi nara sumber pada dialog dengan tokoh lintas agama dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Medan di hotel Emeral Garden, Rabu, (30/5/2018).

“Peran tokoh agama sangat penting dalam mencegah terjadinya konflik antar agama,” tegas Dadang seperti dihimpun matabangsa.com.

Selain itu, pada agenda dialog kerukunan bertemakan ‘Mempererat Persaudaraan, Membangun Komitmen Keamanan dan Cinta NKRI yang dihadiri Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution,  Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Bambang Herqutanto, ketua MUI kota Medan Prof Dr Muhammad Hatta, Keuskupan Agung diwakili Pastor Alexander Silaen, Walubi, Tomtitantawitan, Alumnus Akpol Tahun 1994 menjelaskan, tokoh agama menjadi tauladan dan panutan serta insipirasi dalam melaksanakan kegiatan yang baik, patuh hukum.

“Oleh sebab itu, jangan pernah jauh dari komunitasnya (tokoh agama) sehingga perannya dirasakan dan dibutuhkan oleh masyarakat dan komunitasnya,” jelas peserta terbaik Dikreg ke-26 Sespimti Tahun 2017 ini.

Baca Juga :   Praktisi Hukum Apresiasi Kapolrestabes Medan

Sebelum mengakhiri, orang nomor satu di jajaran Mapolrestabes Medan ini mengajak para hadirin dalam dialog  tersebut untuk sama-sama menciptakan kondusifitas kamtibmas di wilayah kota Medan ini.

“Mari sama-sama kita jaga kekondusifan kamtibmas di kota Medan ini. Terlebih dalam bulan suci ramadhan serta pilkada serentak tahun 2018 yang sudah di ambang pintu agar semua merasa aman, nyaman hingga kondusifitas kamtibmas yang kondusif dapat tercipta di kota yang kita cintai bersama ini,” ajak Dadang seraya mengatakan pihaknya mengapresiasi FKUB yang telah menggas dialog ini.

Pantauan pada dialog tersebut, selain Kapolrestabes Medan, ketua MUI kota Medan dan Wakil Walikota Medan yang didaulat menjadi nara sumber juga menyampaikan materi tentang kerukunan dan mengajak seluruh steakholder yang ada untuk menciptakan kondusifitas kamtibmas lewat kerukunan yang telah terjalin dengan baik selama ini di kota Medan.

Tidak hanya itu, hingga pada bagian akhir, acara yang juga diisi dengan tanya jawab tersebut berlangusung aman, kondusif tanpa ada kendala yang berarti. (rj)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top