Bangsa

Sinergi Foundation Hadirkan Kebahagiaan Ramadhan di Papua

Matabangsa-Bandung:   Melalui program Desa Ramadhan, Sinergi Foundation (SF) menebar manfaat dari Aceh hingga Papua. Salah satu daerah yang dikunjungi SF adalah pelosok Desa Wailen dan Desa Sakabu yang berada di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Kedua lokasi itu merupakan wilayah terpencil, terisolasi, dan terluar. ‘’Dua lokasi itu berhadapan dengan negara lain, yaitu negara Filipina,” kata Ustadz Maftuh, tim relawan SF yang bertolak menuju Papua.

Menurut Ustadz Maftuh, lokasi-lokasi tersebut sudah tersentuh Islam, namun belum banyak aktivitas dakwah. Untuk itu, pemahaman warga tentang Islam pun masih relatif minim. Meski demikian, menurut dia, warga di sana mulai menyadari akan pentingnya ajaran Islam.

“Ada wanita yang memakai jilbab, karena mereka sadar dengan menutup aurat, mereka berani bilang bahwa dirinya muslim, bukan Kristen,’’ kata Ustadz Maftuh. Kehadiran SF di Papuas, disambut antusias leh warga.

Warga di sana merasa bahagia dengan adanya perhatian dari saudara sesama muslim yang bersedia mendatanginya. Kehadiran SF di Kabupaten Raja Ampat membuat wargatidak merasa sendiri dan terpencil.

“Ternyata masih ada yang peduli dengan kami. Kami sungguh bahagia tiada tara, memberi semangat baru bagi kami yang tinggal di Papua, apalagi ditambah ada siraman rohani dari Ustadz,” kata warga Desa Wailen.

Di Kabupaten Raja Ampat, Sinergi Foundation mengadakan majelis taklim. SF menguatkan dan mendukung warga muslim Papua agar istiqamah dalam agama Islam. Dengan kampanye #Givingiscool, SF menggelar sejumlah kegiatan di dua wilayah tersebut.

Di antaranya buka puasa bersama atau ifthar jama’i, penyaluran paket, dan pemberian paket perlengkapan sekolah. Selain itu, Ustadz Maftuh juga mengedukasi masyarakat tentang pendidikan dan memfasilitasi yang ingin melanjutkan sekolah.

Ada 20 wilayah yang masuk dalam Desa Ramadhan, di antaranya Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Garut, Subang, Tasiklmalaya, Aceh, Lombok, Padang, Klaten, Alor, Lampung Selatan, Raja Ampat, hingga Sorong Papua.

Masyarakat dapat berpartisipasi dalam program #DesaRamadhan melalui aplikasi Zakat App, yang bisa diunduh melalui Playstore dengan sejumlah fitur. Antara lain program Sinergi Foundation (SF), kalkulator zakat, rekening zakat, klik donasi, dan info penyaluran donasi. Juga, donasi melalui website  www.sinergifoundation.org. (ROL/ Khazanah/ Sugandhi Siagian)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top