Politik

KPU: Silahkan Masyarakat Pantau Sistem Informasi Penghitungan

Matabangsa-Medan: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara Mulia Banurea mengatakan masyarakat bisa memantau langsung hasil rekapitulasi sementara proses Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut yang baru saja selesai.

KPU langsung melakukan hitung cepat usai pemungutan dan penghitungan suara dilakukan di TPS.

Dia menyampaikan untuk mengakses aplikasi sistem informasi perhitungan (Situng) bisa diklik https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/hasil/cepat/t1/list/nasional

Menurut Mulia publik harus mengetahui secara resmi dan membantu mengawasi pemungutan suara di berbagai tempat, Rabu 27 Juni 2018.

Hitung cepat dibuat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk mengetahui hasil Pilkada Serentak 27 Juni 2018 secara cepat dan transparan di seluruh wilayah yang menyelenggarakan Pilkada.

Pihaknya mengeluarkan hasil rekapitulasi setelah melalui berbagai proses tahapan seperti mengumpulkan form DC 1 berbasis TPS yang discan.

Data hasil pada hitung cepat masih berdasarkan entri Model C1, hingga pengumuman resmi rekapitulasi KPU 9 Juli 2018.

“Petugas KPU hingga malam ini juga masih terus bekerja,” ujarnya.

Sementara usai proses pencoblosan hingga sore tadi, sejumlah lembaga survei yang melaksanakan hitung cepat atau quick count untuk Pilkada Sumut menampilkan data mereka dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah masuk lebih dari 90 persen.

Baca Juga :   KPU Sumut : Persiapan Pencoblosan Sudah Oke, Keamanan Kondusif

Data dari dua lembaga survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dan LSI Denny JA. Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah: 58,94 persen Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus: 41,06 persen.

Quick count LSI Denny JA data masuk 98 persen: Advertisment Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah: 57,07 persen Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus: 42,93 persen.

Sedangkan angka rekapitulasi sementara dari website KPU Sumut juga masih mengunggulkan pasangan Edy Rahmayadi- Musa Rajekshah: 50.86% serta pasangan Djarot Saiful Hidayat – Sihar Sitorus 49.14%. (dave)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top