Kesehatan

Ketua TP PKK Provsu: Kesehatan Keluarga Sangat Penting

Matabangsa-Manado: Kesehatan merupakan investasi yang paling bernilai dan berharga. Terutama kesehatan keluarga, khususnya anak. Pemenuhan gizi terhadap anak tidak hanya penting untuk pertumbuhan saat ini, tetapi  juga untuk masa depan generasi penerus bangsa.

 

Hal ini diungkapkan Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Ny Iit Kartika Eko Subowo usai menghadiri Seminar Nasional Kesehatan Keluarga dan Pengasuhan Anak dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV Tahun 2018 di Four Point by Sheraton Hotel di Manado, Kamis (5/7).

 

“Anak-anak harus menjadi anak yang cerdas, sehat dan kuat sehingga siap bersaing di masa yang akan datang. Maka, kesehatan anak haruslah prima,” ujar Iit Kartika.

 

Lebih lanjut disampaikannya, dalam menciptakan generasi penerus yang sehat, maka keluarga merupakan faktor utama. Keluarga adalah tempat dimana seorang anak tumbuh dan berkembang. Pendidikan yang pertama kali diperoleh seorang anak berawal dari keluarga. Proses pembentukan kepribadian dan karakter seorang anak berawal dari keluarga.

 

“Oleh karena itu, kita sebagai kader-kader PKK harus terus mendukung gerakan nasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas. Melalui kegiatan inilah akan terciptanya generasi emas bangsa,” katanya.

 

Iit Kartika berharap, melalui seminar ini hendaknya para pengurus dan kader PKK terus ikut mendukung dengan mensosialisasikan Germas tersebut, sehingga masyarakat dapat mengetahui begitu pentingnya pola hidup sehat untuk tumbuh kembang anak.

 

“Saya sangat apresiasi terhadap gagasan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang membuat Komik AMIR (Ayo Minum Air). Ini salah satu sosialisasi begitu pentingnya minum air sehat bagi anak-anak. Sehingga mereka juga mengerti tentang perlunya minum air melalui membaca komik tersebut,”ujarnya

 

Untuk itu, Iit Kartika berharap, para pengurus TP PKK dapat mensosialisasikannya keseluruh pengurus dan kader-kader PKK Kabupaten/Kota se-Sumut.

 

Kegiatan seminar diisi dengan dialog dan tanya jawab mengenai peran penting ibu sebagai agen perubahan kebiasan hidup sehat di dalam keluarga. Turut hadir Ketua TP PKK Sulawesi Utara Ny. Rita Dondokambey-Tamuntuan, para Ketua TP PKK Provinsi se Indonesia berserta pengurus. (Sugandhi Siagian)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top