Demokrasi

Tak Ada Foto Caleg di Surat Suara Pileg 2019

Matabangsa-Medan: Format surat suara Pemilu Legislatif 2019 mendatang agak sedikit berbeda apabila dibandingkan dengan surat suara pemilu legislatif 2014 lalu.

Ketua KPU Kota Medan, Herdensi Adnin mengatakan surat suara pileg 2019 tidak akan menampilkan wajah para calon anggota legislatif (Caleg).

“Hanya ada nama dan nomor urut,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (08/07/2018).

Mantan Kordinator Kontras Sumut ini menyebut ada beberapa calon anggota legislatif yang ingin memasukkan nama panggilan atau inisial pada kertas surat suara.

Menurutnya, KPU bisa memasukkan nama panggilan atau inisial calon anggota legislatif di surat suara apabila sudah ada penetapan dari pengadilan.

“Misalnya namanya A namun yang bersangkutan ini memasukkan nama panggilannya AA di surat suara. Itu bisa kami lakukan kalau ada suarat penetapan dari pengadilan negeri. Jadi nanti di surat suara nama yang muncul A (AA).

Sudah ada beberapa calon anggota legislatif yang berkonsultasi untuk itu, saya jelaskan mekanismenya. Perlu penetapan tentang persamaan nama dari pengadilan bahwa Anu adalah sama dengan A. Kalau sudah ada baru bisa di akomodir pada surat suara,” pungkasnya. (BS07)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top