Demokrasi

Jokowi: Indonesia Harus Seperti di Negara Maju

Matabangsa-Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, keberhasilan menekan laju inflasi hingga di bawah 4% dalam empat tahun terakhir terakhir harus dilanjutkan.

Tak tanggung-tanggu, Presiden meminta agar inflasi di dalam negeri dapat didorong menyamai tingkat inflasi di negara-negara maju yang hanya sekitar 1-2%. Inflasi yang rendah, sambung dia, perlu diikuti pula dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

“Selama empat tahun kita bisa tekan inflasi di bawah 4%. Lompatan seperti ini harus terus dilanjutkan, kita lihat koordinasi pemerintah pusat dan daerah. Kalau diteruskan, kita akan memiliki inflasi yang stabil, semakin tahun semakin turun di angka 1-2% seperti negara maju,” ujarnya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Presiden memaparkan, laju inflasi terus dijaga di bawah 4% dalam empat tahun masa pemerintahannya. Pada 2015, tercatat inflasi hanya sebesar 3,35% dan turun lagi pada 2016 menjadi sebesar 3,02%. Sedangkan pada 2017 inflasi tercatat sebesar 3,61% atau masih berada di dalam target pemerintah yakni 4% plus-minus 1%.

Terjaganya inflasi ini, tegas Jokowi, berdampak pada stabilitas harga yang bisa terjaga dengan diawasi oleh Satgas Pangan yang ada di pusat dan daerah. Kendati demikian, Presiden menegaskan bahwa capaian ini belum maksimal dan masih harus terus ditingkatkan.

“Terkait inflasi sudah baik, target tiap tahun makin rendah. Mohon kepada bupati dan walikota yang berkaitan pangan, kita sering terjebak di hal administrasi dengan banyak tandatangan-tandatangan, di lapangan tidak sering dipantau,” tandasnya.(SNC/SS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top