Medan

Wali Kota Medan Tinjau Parit Perbatasan di Kecamatan Medan Marelan

Matabangsa-Medan: Wali Kota Medan Drs. H.T Dzulmi Eldin S, M.Si dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir. H Akhyar Nasution, MSi meninjau parit Perbatasan antara Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang, di Kelurahan Tanah 600, Kecamatan Medan Marelan, Senin (30/07). Peninjauan ini dilakukan untuk melihat kondisi parit apakah mampu mengalirkan air ke sungai, apalagi saat ini kota Medan sedang musim hujan.

Selain Wakil Wali Kota hadir juga Anggota DPRD Kota Medan Suryanto, Camat Medan Marelan Drs. Khairunisa dan Lurah Tanah 600, Ramli Lubis dan seluruh Kepala Lingkungan. Ketika melakukan peninjauan, Wakil Wali Kota melihat kondisi Parit perbatasan ini tertutup dengan rumput liar dan lumpur, bahkan ada  patahan kayu berada di aliran parit. Seketika Wakil Wali Kota mengintruksikan Camat Medan Marelan untuk menurunkan personil guna membersihkan parit tersebut.

Menurut Wakil Wali Kota, Parit perbatasan ini ditahun 2017 sempat tertutup rumput sehingga saat hujan rumah warga disekitar parit mengalami kebanjiran diakibatkan air di parit yang tidak mengalir dengan sempurna. Selanjutnya  Wakil Wali Kota Medan langsung mengintruksikan Dinas PU untuk membersihkan parit tersebut dan aliran parit kembali normal.

Baca Juga :   Kinerja Tim Pegasus Polrestabes Medan Patut Diacungi Jempol

“Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan apakah parit perbatasan ini mengalirkan air dengan baik, sebab saat ini kota Medan musim hujan dan parit ini salah satunya akses aliran air menuju sungai”, jelas Wakil Wali Kota. Selanjutnya Wakil Wali Kota, meminta kepada Camat Medan Marelan untuk terus memantau kondisi Parit perbatasan ini, jika sudah mulai di tumbuhi rumput ataupun yang dapat menghambat aliran air, segera dilakukan pembersihan.

“Saya minta kepada Camat Medan Marelan bersama jajarannya untuk rutin melakukan gotong setiap minggunya, agar rumput – rumput yang berada di aliran parit tidak ada sehingga air dapat mengalir”, tegas Wakil Wali Kota.

Dijelaskan Wakil Wali Kota, parit ini cukup besar sebagai saluran pembuangan air bila turun hujan menuju sungai. Panjang  parit ini lebih kurang dua setengah KM dan lebarnya lebih kurang 2 meter. Bila parit ini bersih maka air akan lancar  alurannya. Parit perbatasan ini dapat menampung jutaan kubik air yang akan dialirkan ke Sungai.(dave)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top