Medan

PD Pasar Medan Gratiskan Lapak Pengganti Pedagang Aksara

Matabangsa-Medan : Perusahaan Daerah (PD) Pasar Medan menggrtatiskan lapak bagi pedagang eks Pasar Aksara  yang ditertibkan karena berjualan di jalan.

Lapak atau kios itu sengaja disiapkan oleh PD Pasar untuk para pedagang eks Pasar Aksara menunggu gedung pengganti Pasar Aksara selesai dibangun.

Hal tersebut disampaikan Dirut PD-Pasar Kota Medan, Rusdi Sinuraya dalam keterangan tertulisnya yang diterima matabangsa.com, Kamis, (13/9/2018).

“Kita siapkan penampungan sementara di terminal dan pasar-pasar  terdekat sambil menunggu selesai pengganti gedung Pasar Aksara,” ujar Rusdi Sinuraya.

Lanjut dijelaskan Rusdi, ada ratusan lokasi bagi para pedagang  yang tersebar di beberapa lokasi terpisah dan hal itu sudah disosialisasikan PD Pasar kepada para pedagang.

“Ada tempat berjualan sebanyak 728 , sudah kita sosialisasikan kepada semua pedagang . Dan semua masuk secara gratis,” jelas orang nomor satu di jajaran PD-Pasar Kota Medan ini.

Lokasi penampungan gratis dimaksud, sebut Rusdi, tersebar di 9 pasar-pasar terdekat dari Pasar Aksara.

“Lokasi penampungan kita siapkan di terminal Willem Iskandar sekitar 120 tempat, dan pasar-pasar terdekat di antaranya, Pasar Bakti 15, Halat 60, Sentosa 13, Glugur 160 , Sambu 200, Pendidikan 30 dan samping Tol Denai 250. Ada tempat berjualan sebanyak 728 secara keseluruhan, dan sudah kita sosialisasikan kepada semua pedagang,” sebutnya.

Baca Juga :   Operasi Pekat, 175 Liter Tuak Disita Polres Nisel

Oleh karena itu, Dirut Perusaahaan plat merah ini mengimbau kepada para pedagang agar jangan lagi menggunakan median atau badan jalan untuk berdagang karena mengganggu ketertiban umum.

“Tidak boleh berjualan di badan jalan, pinggir jalan, trotoar dan di atas parit. Ini mengganggu ketertiban umum dan melanggar aturan. Jadi solusi kita siapkan tempat berjualan,” imbaunya.

Sebelumnya, PD Pasar Kota Medan juga telah memindahkan pedagang kaki lima di sepajang Jalan Sisingamangaraja, Pasar Simpang Limun Medan ke Pasar Baru, Jalan Seksama Simpang Limun.

PD Pasar bekerjasama dengan Koperasi Serba Usaha Jaya Pasar Simpang Limun serta Polrestabes Medan dan instansi terkait telah berhasil memindahkan sekitar 180  pedagang kaki lima ke Pasar Baru tersebut. (rj)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top