Medan

Jalan Rusak Langsung Diaspal Wali Kota

Matabangsa-Medan:  Keluhan warga Jalan Sakti Lubis Gang Amal Kecamatan Medan Kota terkait jalan rusak langsung ditindaklanjuti Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH. Selasa (5/3), Wali Kota menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan untuk melakukan perbaikan. Sebab, Wali Kota tidak ingin aktifitas warga terganggu akibat kerusakan jalan tersebut.

Instruksi Wali Kota langsung ditindaklanjuti Kadis PU Kota Medan Isa Ansyari. Selain mengerahkan puluhan pekerja, Isa juga menurunkan sejumlah alat-alat berat untuk mendukung perbaikan jalan rusak tersebut. Kehadiran pekerja dan alat-alat berat langsung mendapat apresiasi dari warga sekitar.

Bagaimana tidak, berdasarkan pengakuan warga, mereka sudah lama mengeluhkan jalan rusak tersebut. Selain sebagian besar aspal permukaan jalan mengelupas, sejumlah lubang ikut ‘menghiasi’ jalan. Tak pelak, kondisi sangat mengganggu ketenangan dan kenyamanan masyarakat pengguna jalan yang melintas.

‘’Parahnya lagi ketika hujan turun, jalan tak ubahnya seperti kubangan. Sebaliknya ketika musim kemarau tiba, jalan menebarkan debu. Kondisi ini jelas sangat mengganggu kami. Alhamdulillah, keluhan kami telah ditindaklanjuti Bapak Wali Kota. Hari ini jalan rusak mulai diperbaiki,’’ kata salah seorang pria paruh baya yang merupakan warga sekitar.

Baca Juga :   Gaji Pokok PNS akan Naik?

Berdasarkan amatan, Dinas PU Kota Medan melakukan perbaikan jalan dengan pengaspalan (hotmix). Setelah dilakukan pembersihan dan perataan jalan, pengaspalan pun dilakukan. Menurut Kadis PU Kota Medan Isa Ansyari, panjang jalan yang diaspal lebih kurang 400 meter dan lebar 3 meter.

Proses pengaspalan berjalan dengan lancar, tanpa kesulitan para pekerja beserta alat berat yang diturunkan, melakukan pengaspalan. Jalan yang semula rusak, kini telah bagus dan mulus kembali. Oleh karenanya, Isa berharap agar warga sekitar ikut menjaga dan merawat jalan sehingga bisa tahan lama.

‘’Kami berharap warga ikut peduli dalam menjaga kondisi jalan yang telas selesai kita aspal ini. Salah satunya dengan rutin mengorek parit yang berada di sisi kiri dan kanan jalan.  Dengan demikian, ketika hujan deras turun, parit yang ada dapat menampung sekaligus mengalirkan debit air sehingga tidak menguap dan menggenangi badan jalan,’’ kata Isa.

Usai melakukan pengaspalan, Isa mengatakan pihaknya akan terus melakukan perbaikan jalan rusak yang selama ini belum tersentuh perbaikan. Mantan Kadis Lingkungan Hidup itu mengaku sudah menginventarisir jalan-jalan rusak yang ada di Kota Medan. Perbaikan akan dilakukan secara bertahap sesuai aturan yang berlaku. (KU/*SS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top