Ekonomi

Finalisasi PEDA KTNA Provsu ke-IV Dengan Gubsu

Matabangsa-Medan: Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi menerima laporan persiapan Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 yang telah memasuki tahun ke – IV di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai sejak 15 hingga 19 Juli 2019.

Rapat finalisasi persiapan PEDA KTNA Ke-IV dilakukan di Ruang Kerja Gubsu Edy Rahmayadi bersama Bupati Serdang Bedagai H Soekirman, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu Ir H Dahler Lubis dan Ketua KTNA Hj Taty Habib dan pengurus lainnya.

PEDA KTNA ini menjadi parameter terakhir persiapan mengikuti PENAS (Pekan Nasional) Petani Nelayan XVI pada tahun 2020. PEDA KTNA merupakan sarana konsolidasi organisasi kelompok Kontak Tani Nelayan andalan (KTNA) dan juga sarana membangun komunikasi Organisasi KTNA dengan seluruh stake holder.

PEDA KTNA Provinsi Sumatera Utara Ke-IV Tahun 2019 mengambil tema “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan menuju Sumatera Utara Yang Agraris Dan Bermartabat”.

Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu Ir H Dahler Lubis kepada wartawan mengatakan inti dari kegiatan PEDA KTNA ini menjadi unjuk tangkas, temuan karya terbarukan untuk teknologi terbarukan dalam komunitas pertanian.

Menurut Dahler, KTNA terdiri dari komunitas petani baik petani, pekebun, peternakan, petani hutan dan nelayan yang terpilih untuk mewakili daerah memiliki kualifikasi dalam kemampuan di bidangnya masing-masing dan mempunyai karakter pionir dan patriotis dalam membangun ekonomi khususnya pembangunan pertanian yang berorientasi agribisnis.

Untuk peserta PEDA KTNA di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai terdiri dari 3 (tiga) kategori. Pertama, peserta utama adalah ketua atau pengurus Kelompok Kontak Tani Nelayan yang ada di Provinsi, Kab/Kota. Kedua, peserta pendamping adalah aparat ditugaskan pemerintah daerah untuk mendampingi dan memfasilitasi peserta  Pekan Daerah (PEDA) KTNA Provsu Tahun 2019.

Ketiga, peserta peninjau/ undangan adalah pejabat pemerintah, pimpinan/anggota DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota, organisasi profesi, penyuluh swasta, peneliti atau pemerhati/pakar yang bergerak di bidang Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Kehutanan serta pelaku Agribisnis.

Sebelumnya, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman selaku tuan rumah memperhatikan 4 (empat) aspek utama kegiatan. Seperti, transportasi agar para peserta dapat mengakses lokasi dengan lancar dan tepat. Kemudian akomodasi seperti penginapan peserta juga harus dipersiapkan secara matang agar kenyamanan dan keamanan peserta terjamin. Selanjutnya mengenai konsumsi yang disajikan selama acara berlangsung dapat disiapkan dengan baik dan dapat  mencitrakan cita rasa local.

Berikutnya, pihaknya mengadakan atraksi yang dapat dijadikan sebagai media utama untuk mencitrakan kekayaan potensi pertanian Sergai lewat atraksi formal selama berlangsungnya acara maupun nonformal.(dave)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top