Hankam

Tingkatkan Profesionalitas ASN, Pemprovsu Jalin Kerja Sama dengan Unhan

Matabangsa-Medan: Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menjalin kerja sama dengan Universitas Pertahanan (Unhan) Indonesia untuk meningkatkan profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal ini ditandai dengan penandatanganan tiga Nota Kesepahaman oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Kamis (18/7).

Tiga kerja sama yang dijalin Pemprov Sumut dengan Unhan adalah beasiswa untuk menempuh studi Strata-2 (S2) di Unhan bagi ASN, kerja sama di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Melalui kerja sama ini diharapkan ASN di lingkungan Pemprov Sumut bisa lebih profesional dan berkualitas.

“Kerja sama kita dengan Unhan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama ASN kita. Mereka belajar di sana dan membawa ilmu ke sini untuk diterapkan di Sumut, itu harapan kita,” kata Edy Ramayadi.

Saat ini ada empat fakultas di Unhan dengan 17 Program Studi S2, sedangkan untuk S3 hanya Program Studi Ilmu Pertahanan. ASN yang akan dikirim untuk studi di Unhan akan disesuaikan dengan kebutuhan Pemprov Sumut, namun saat ini yang banyak dipilih adalah Manajemen Bencana dan Resolusi Konflik. Dua Program Studi tersebut dianggap banyak dibutuhkan ASN saat ini. Pemprov Sumut juga akan menilai ASN yang diutus untuk studi di Unhan secara gratis.

Baca Juga :   Gubsu Motivasi Perangkat Pemerintah di Pematangsiantar

“Tentunya kita punya indikator-indikator siapa ASN yang akan studi di Unhan dan juga indikator terkait apa yang kita butuhkan di sini. Yang cukup menarik itu Manajemen Bencana dan juga Resolusi Konflik karena ini sangat dekat dengan kebutuhan kita. Tetapi, kita juga tidak menutup kemungkinan untuk studi di program lainnya. Dengan begitu, ASN yang sudah belajar di sana meningkat secara kapasitas dan kapabilitasnya. Intinya ini semua adalah meningkatkan profesionalitas ASN kita,” kata Asisten Administrasi Umum dan Aset Mhd Fitriyus.

Pada bidang penelitian, Pemprov Sumut bersama-sama dengan Unhan akan melakukan penelitian terkait sosial, masyarakat, pendidikan dan yang terkait dengan pertahanan negara. Sedangkan kerja sama di bidang pengabdian masyarakat, Unhan dan Pemprov Sumut akan melakukan pelatihan, pendidikan terkait dengan pertahanan negara.

Foto: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menandatangani Nota Kesepahaman antara Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) yang diwakili oleh Wakil Rektor III Unhan Mayjend TNI Dr.Hipdizah, S. Adm. Msi. di Ruang Kerja Gubernur Lt.10 Gedung Kantor Gubernur Sumut Jl.Diponegoro No.30 Medan, Kamis (18/7). Kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas ASN di Pemerintahan Provinsi Sumut melalui tiga program kerjasama yaitu : Beasiswa, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

Baca Juga :   Gubsu: Saya Sayang Sumut, Makanya Mau Jadi Gubernur

“Selain beasiswa, kita juga bekerja sama di bidang penelitian, kita akan meneliti bersama soal masyarakat, pendidikan, sosial, pertahanan negara dan lainnya. Sedangkan untuk pengabdian masyarakat kita bisa melakukan pelatihan bersama atau juga pendidikan singkat untuk bela negara,” kata Wakil Rektor III Unhan Mayjen TNI Hipdizah.

Unhan akan membuka pendaftaran mahasiswa baru pada bulan Januari hingga April dan akan menerima sekitar 300 mahasiswa baru. ASN Pemprov Sumut harus menunggu tahun depan untuk bisa mendapat beasiswa di Unhan.

“Penerimaan mahasiswa baru itu Januari hingga April, jadi ASN dari Pemprov Sumut bisa ikut seleksi untuk masuk ke Unhan tahun depan. Harapannya, Pemprov Sumut jangan sia-siakan kesempatan ini karena semua di sini gratis,” tambah Mayjen TNI Hipdizah.

Turut hadir dalam pertemuan ini Asisten Administrasi Umum dan Aset Mhd Fitriyus, Kepala Badan Kesbangpol Anthony Siahaan, Kadis Pemdes Aspan Sofian, Kepala BPBD Riadil Akhir Lubis, Kepala BPSDM Kaiman Turnip, Kepala Balitbang Irman dan OPD terkait. Sedangkan perwakilan dari Unhan hadir Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Brigjen TNI Agus Winarna dan Kasubag Kerma Dalam Negeri letkol Inf Jeffri Panggaben.(dave)

Baca Juga :   Ribuan Orang Padati Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Lapangan Merdeka

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top