Ekonomi

Wagubsu Musa Rajekshah: HIPMI Agen Penggerak Perekonomian

Matabangsa-Medan: Peran Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sangat penting untuk ikut serta membangun ekonomi Sumatera Utara (Sumut). Untuk itu, HIPMI diajak berperan sebagai agen penggerak perekonomian daerah.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah pada acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Diklatda) HIPMI Sumut di Le Polonia Hotel, Jalan Jenderal Sudirman No.14-18, Kota Medan, Rabu (31/7).

“HIPMI berperan sebagai agen penggerak perekonomian, sekaligus sebagai wadah pengusaha muda untuk ikut berkontribusi aktif dalam upaya meningkatkan kapasitas dan daya saing para pengusaha,” ujar Wagub.

Sebagai organisasi pengusaha muda, menurut Wagub, HIPMI harus bisa tampil sebagai dinamisator perekonomian daerah. Serta dapat berperan aktif dalam mendinamisasikan perekonomian daerah. Apalagi, di era otonomi daerah saat ini, menuntut pemberdayaan pelaku ekonomi yang harus terus digarap dan dikembangkan, sehingga para pengusaha muda di daerah harus bisa mengambil peran untuk menggarap potensi ekonomi yang ada.

“Di pundak pengusaha mudalah, wajah ekonomi daerah ini di masa depan akan ditentukan. Pengusaha muda harus produktif dan punya daya saing, serta mampu berbicara di tingkat nasional mupun global,” kata Musa Rajekshah.

Baca Juga :   Wagubsu Harapkan Sinergi Kembangkan Pariwisata

Foto: Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah pada acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Diklatda) HIPMI Sumut di Le Polonia Hotel, Jalan Jenderal Sudirman No.14-18, Kota Medan, Rabu (31/7).

Terkait pertumbuhan ekonomi nasional 5,17 %, dimana sektor konsumsi menjadi penyumbang terbesar yakni 65 % yang diutarakan Ketua HIPMI Sumut Mazz Reza Pranata, menurut Wagub belum ideal. Karena itu, harus dibarengi dengan usaha-usaha yang lainnya.

“Jika tidak, nanti yang akan menjadi pengusaha orangnya itu itu saja. Mudah-mudahan ke depannya semangat berinvestasi di Sumut terus meningkat, sehingga membuka banyak lapangan pekerjaan, menggerakan ekonomi yang ada di Sumut,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua HIPMI Sumut Mazz Reza Pranata memuji kesuksesan Wagub Sumut Musa Rajekshah, yang merupakan potret nyata perpindahan pengusaha sukses yang menjadi politikus sukses. “Untuk diketahui kawan-kawan, bahwa saat ini Wagub Sumut telah menjadi role mode bagi para pengusaha muda, dimana beliau adalah potret nyata perpindahan pengusaha sukses menjadi politik sukses,” puji Mazz.

Baca Juga :   Tingkatkan SDM, Pemprovsu Akan Buat ‘Kampung Beasiswa’

Mazz Reza juga mengatakan, pihaknya terus mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk membentuk Komite Ekonomi Daerah, dimana salah satu tujuannya adalah melahirkan pengusaha dari daerah.  Komite Ekonomi Daerah yang salah satu elemen didalamnya adalah pengusaha juga akan membantu pemerintah dalam merumuskan regulasi di bidang perekonomian

“Nantinya kami siap untuk membantu kerja dari bapak Gubernur dan Wagub Sumut untuk mendongkrang ekonomi daerah,  saat ini komoditi andalan Sumut belum berubah hanya bertumpuh pada Sawit, karet dan kopi,” ujarnya.

Turut hadir di acara itu, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumut Fachrudin Siregar, Pangdam I/BB yang diwakili Aster Kodam I/BB, Kol. Inf. Luhut Marpaung, Ketua Umum BPP Hipmi Indonesia Bahlel Lahadalia dan Ketua Kadin Sumut Ivan Batubara.(dave)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top