Uncategorized

Akhyar Harap Startup Terus Berkreasi dan Berinovasi

Matabangsa – Medan :  Sebagai salah satu industri ekonomi kreatif yang diandalkan untuk menunjang berbagi program pembangunan, usaha bidang digital juga bisa menjadikan Indonesia termasuk Kota Medan semakin dikenal dan dapat bersaing di kancah persaingan global. Terlebih, saat ini makin banyak pula generasi muda yang inovatif untuk terjun memanfaatkan bisnis berbasis tekhnologi digital. Untuk itu, pemerintah juga ikut mengambil peran dan turut serta dalam pengembangan bisnis digital tersebut sehingga mampu menjadi sesuatu yang bernilai manfaat bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi ketika menyapa puluhan startup dalam acara DILo Hackathon Festival (DHF) di Gedung DILo, Jalan Mongonsidi Medan, Sabtu (24/8). Selain Kota Medan, acara yang bertujuan membina para startup dan komunitas digital dalam mengembangkan kemampuan digitalnya dalam menghasilkan produk-produk digital tersebut, juga digelar serentak di beberapa daerah lainnya di Indonesia seperti Samarinda, Pekanbaru, Yogyakarta, Denpasar dan Bandung.

“Pemko Medan tentu menyambut baik kehadiran startup yang notabene para generasi muda kreatif. Hal ini tentu membanggakan bagi Indonesia terlebih Kota Medan karena memiliki anak muda yang kreatif dalam hal digital. Apalagi kreatifitas dan inovasi tersebut dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat tidak hanya untuk saat ini tapi juga dalam jangka waktu yang panjang,” kata Wakil Wali Kota.

Didampingi Kabag Humas Setdako Medan Arrahman Pane, Wakil Wali Kota memberi contoh Nadiem Makarim yang mendirikan Go-Jek sebagai salah satu startup yang berhasil di Indonesia. Sebab, kehadiran Go-Jek memberi peluang lapangan kerja bagi banyak orang. Untuk itu, orang nomor dua di Pemko Medan tersebut menekankan bahwa ke depan dunia akan dipegang oleh orang-orang kreatif dan penuh inovatif. Oleh karenanya, Wakil Wali Kota berpesan agar para startup terus belajar, menggali pengetahuan hingga mampu menjangkau dunia.

“Masa depan bangsa ada di tangan generasi muda yang penuh inovasi dan kreatifitas. Kami berharap semakin banyak startup muncul dari Kota Medan. Terlebih saat ini, Pemko Medan juga terus melakukan pembenahan dan inovasi dalam hal pelayanan publik yang dilakukan secara digital agar lebih efisien. Kami berpesan, teruslah berkreasi dan kembangkan kemampuan diri hingga kita semua menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang,” pesannya.

Sementara General Manager Telkom Medan Sudarto menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemko Medan atas sambutan dan dukungan baik yang diberikan kepad para startup dan DILo. Dirinya mengungkapkan akan terus menjaga sinergitas dengan pemerintah sehingga sama-sama dapat memberi kontribusi bagi Kota Medan khususnya dibidang ekonomi digital kreatif yang diharapkan mampu memberi manfaat bagi masyarakat luas.

“Pengembangan digital ini menjadi bentuk kontribusi kami bagi Kota Medan. Semoga kehadiran startup membawa kemajuan yang signifikan bagi perkembagan Kota Medan di masa-masa yang akan datang,” ungkap Sudarto.

Dalam acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut, Wakil Wali Kota diberi sebuah piagam sebagai ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan Pemko Medan. Usai acara, tampak Wakil Wali Kota berbincang dengan beberapa startup yang hadir. Nantinya para startup dan komunitas digital yang terdiri dari 15 tim berasal dari Kota Medan dan Aceh tersebut akan mengikuti serangkaian kegiatan dan kompetisi dari pukul 09.00 – 24.00 WIB. (KU/*Sugandhi Siagian)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top