Medan

Wali Kota Sambut Kepulangan 392 Jamaah Haji Kloter 01 Asal Kota Medan

Matabangsa – Medan :  Jelang tengah malam, tepatnya sekitar pukul 23.15 WIB, Wali Kota M noedan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menyambut kepulangan jamaah haji kelompok terbang (kloter) 01 asal Kota Medan di Asrama Haji, Jalan AH Nasution, Medan, Jumat (23/8). Selain mengucapkan selamat datang kembali ke Tanah Air, khususnya Kota Medan dengan sehat wa alfiat tanpa kurang satu apa pun, Wali Kota juga berharap agar  seluruh jamaah haji dapat berkumpul kembali dengan seluruh keluarganya.

Dari 393 jemaah haji yang berangkat untuk menunaikan Rukun Islam  kelima tersebut, ternyata yang telah selesai melaksanakan seluruh rukun  ibadah haji dan kembali  dengan selamat sebanyak 392 orang. Artinya, ada seorang jemaah haji yang meninggal dunia atas nama Marlen Khalik Safar Bin Mariono (61) akibat penyakit yang diderita

Jemaah haji kloter 01 sebagian besar didominasi para  orang tua. Kedatangan tamu Allah tersebut langsung disambut Wali Kota bersama Sekda Provinsi Sumut Sabrina, Kakanwil Kemenag Sumuta Iwan Zulhami, Camat Medan Johor Zulfachri Ahmady di Gedung Madinatul Hujjad dengan  menggunakan 13 unit bus. Saat memasuki ruangan, lantunan kalimat marhaban dan shalawat pun tak putus menyambut.

Baca Juga :   Absen 10 Tahun, Asia Pasific Rally Championship 2019 Kembali Digelar di Sumut

Sebagian besar jamah haji kloter 01 Embarkasi Medan adalah orang tua dan tidak sedikit yang berusia lanjut, bahkan diantaranya menggunakan kursi roda. Meski tampak lelah namun rona kebahagian dan haru terpancar dari wajah mereka karena telah selesai melaksanakan seluruh rukun  ibadah haji selama sekitar 40 hari di Tanah Suci. Wali Kota pun menyalami sejumlah jemaah sambil mengucapkan selamat datang dan mendoakan agar seluruh jamaah haji menjadi haji yang mabrur dan mabrurah.

Dikatakan Wali Kota, ketika para jamaah haji meninggalkan Tanah Air untuk menunaikan ibadah haji dengan meninggalkan keluarga dan sahabat yang dicintai merupakan suatu  pengorbanan dengan hakikat sangat tinggi nilainya sebagai bukti ketakwaan kepada Allah SWT.

“Saat ini para jamaah haji telah kembali dan sebentar lagi akan berada di tengah keluarga dan masyarakat kembali, hendaknya peristiwa ini menambah ketakwaan serta melipatgandakan amal baiknya serta menebalkan keimanan dan keyakinan bapak-bapak dan ibu-ibu kepada Allah SWT. Tunjukkanlah perilaku yang baik di hadapan keluarga, masyarakat serta teman-teman sejawat,” kata Wali Kota.

Baca Juga :   Wakil Wali Kota Apresiasi Khataman Al Qur’an Anak Se-Kota Medan

Selanjutnya mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu berharap agar seluruh ibadah haji yang dilaksanakan diterima Allah SWT sehingga menjadi haji yang mabrur dan mabrurah. “Diantara ciri-ciri haji yang mabrur dan mabrurah adalah apabila seseorang itu sepulangnya dari melaksanakan ibadah haji semakin bertambah amal baiknya bila dibandingkan dengan sebelum menunaikan ibadah haji,” ungkapnya.

Prosesi penyambutan  para jamaah haji berlangsung lancar dan penuh khidmat. Selain marhaban dan shalawat, kepulangangan juga disambut dengan doa. Kemudian dilanjutkan dengan bimbingan kesehatan yang disampaikan petugas kesehatan. Usai serangkaian kata sambutan, para jamaah haji pun meninggalkan Gedung Madinatul Hujjad untuk kembali bersama anggota keluarganya setelah Wali Kota dan Sekda menyerahkan buku  dan pin haji secara simbolis kepada perwakilan jamaah haji.(H/*Sugandhi Siagian)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top