Politik

100 Anggota DPRD Sumut Dilantik, Gubsu Sebut Legislatif Teman Berpikir dan Bekerja

Matabagsa-Medan: Sebanyak 100 Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) periode 2019-2024, resmi dilantik, Senin (16/9), dalam Rapat Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Sumut, di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan. Pengambilan sumpah/janji dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Medan Cicut Sutiarso.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang menghadiri acara pelantikan tersebut mengucapkan selamat kepada para anggota dewan yang baru dilantik. Dikatakannya, legislatif merupakan rekan/teman dalam berpikir dan bekerja dalam upaya menyejahterakan rakyat.

“Eksekutif dan legislatif itu bekerja bersama-sama sesuai job deskripsi (tupoksi) masing-masing.  Sehingga keputusan-keputusan itu matang untuk kesejahteraan rakyat,” ujar Gubernur didampingi Wakil Gubernur  Musa Rajekshah, Sekdaprov Sabrina, Ketua TP-PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, dan Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah.

Dalam pidatonya,  Gubernur menyebutkan bahwa secara legal formal, kedudukan DPRD merupakan bagian yang integral dari penyelenggaraan pemerintahan daerah provinsi. Meski setiap anggota dewan adalah keterwakilan partai politik, namun apa pun kepentingannya, diharapkan untuk selalu mengutamakan kepentingan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga :   Gubsu Ingin STM Hulu Jadi Sentra Penghasil Bawang Merah

“Saya juga berharap anggota dewan yang terhormat dapat memberikan pemahaman kepada rakyat untuk kembali merajut silaturahmi yang mungkin pada saat lalu berbeda pilihan. Sebagaimana kita tahu, Pemilu 2019 dari pusat hingga daerah, telah menyebabkan polarisasi dukungan terhadap calon-calon yang ada,” jelasnya.

Untuk itu, Gubernur meminta, agar semua terus menjaga, memupuk dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Memelihara kemajemukan, mempersatukan perbedaan, dan merawat keberagaman di bawah naungan panji Bhineka Tunggal Ika.

“Mengabdilah untuk kepentingan rakyat, dan tidak mendahulukan kepentingan pribadi, golongan maupun kelompok masing-masing,  karena para anggota dewan merupakan representasi rakyat,” kata Edy Rahmayadi.

Foto: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumut Musa Rakejshah menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Anggota DPRD Sumut masa bakti 2019-2024 di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (16/9/2019). (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

Edy pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang menyukseskan Pemilu 2019. Termasuk kepada Anggota DPRD Sumut periode 2014-2019 yang telah selesai mengabdi selama lima tahun, diminta untuk tetap mengabdi untuk rakyat.

Baca Juga :   Lima Kali Berturut-turut Sumut Raih WTP, Gubsu : Ini Hasil Kerja Keras Penatausahaan Keuangan

Usai dilantik, Ketua Sementara DPRD Sumut Baskami Ginting menyampaikan, pihaknya akan segera menyusun alat kelengkapan dewan seperti Komisi, Fraksi, Badan Anggaran, Badan Musyawarah, Badan Kehormatan, Badan Pembentukan Peraturan Daerah serta lainnya.

Sedangkan untuk pelantikan pimpinan definitif, ditarget November dilantik, dimana saat ini Baskami didampingi Wakil Ketua Sementara DPRD Sumut Sri Kumala.

“Kami akan terus mengawal pemerintahan ini dalam rangka mewujudkan visi misi Sumut Bermartabat,” sebut Baskami.

Usai dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Medan Cicut Sutiarso atas nama Mendagri, para anggota DPRD Sumut terpilih pun diberi ucapan selamat oleh Gubernur dan rombongan didampingi para pejabat esleon II.

Turut hadir unsur Forkopimda, Ketua Partai Politik, Anggota DPR RI, para Kepala Daerah, serta penyelenggara pemilu dan anggota DPRD Sumut periode 2014-2019.(dave)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top