Kesehatan

Awas, Terlalu Lama Main Ponsel di Toilet Tingkatkan Risiko Wasir

Matabangsa – Jakarta :  Para ahli telah lama memperingatkan bahwa duduk terlalu lama di toilet dapat meningkatkan risiko wasir karena posisi ini meningkatkan tekanan pembuluh darah di area anus. Baik itu mengkhayal atau main ponsel, peluang mengidap wasir makin meningkat seiring dengan durasi duduk lama di toilet.

Wasir memang cukup umum. Hampir tiga dari empat orang dewasa menderita wasir dari waktu ke waktu. Penyebab utamanya adalah mengejan berlebihan saat buang air besar yang menyebabkan jaringan di anus hancur.

Ada alasan mengapa penggunaan ponsel terlibat dalam kasus wasir. Di zaman sekarang, setiap orang akan membawa ponsel kemana pun mereka pergi, termasuk toilet. Sembari menunggu ‘hajatan’ selesai, bermain ponsel adalah cara untuk menghabiskan waktu.

“Hanya saja, beberapa orang terlalu asyik bermain ponsel sehingga akan duduk lama di toilet bahkan jika urusannya telah selesai. Wasir suka sekali dengan kebiasaan itu,” kata Dr Meheshinder Singh, konsultan umum dan ahli bedah kolorektal Pantai Medical Centre di Kuala Lumpur, Malaysia, mengutip Medical Daily.

Bahkan, ada istilah untuk penggunaan ponsel yang lama saat duduk di toilet yang disebut Toilet Newspaper Syndrome yang menjadikan risiko wasir akan lebih tinggi.

Dr Singh menyarankan untuk tidak membawa gadget apa pun, terutama smartphone, ke toilet. Sangat sederhana memang, namun masih banyak orang yang tidak acuh dengan fakta ini padahal ada risiko kesehatan di baliknya. (DH/*SunS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top