Hukum

Kapolrestabes Medan: Pahlawan Masa Kini Harumkan Nama Bangsa

Matabangsa-Medan: Menjadi pahlawan masa kini bukan mengangkat senjata mengusir penjajah tetapi bisa dengan menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan memberikan peringatan dan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa nama harum bangsa di mata internasional.

Demikian dikatakan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto, SH, SIK, MSi pada peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan di Halaman Apel Polrestabes Medan Jalan H.M Said No.1 Medan, Minggu 10 November 2019.

Kegiatan dihadiri Waka Polrestabes Medan AKBP Rudi Rifani, SIK, para Kabag, Kasat, Kasi, Pama Polrestabes Medan, Kapolsek jajaran Polrestabes Medan dan personel Polrestabes Medan.

Acara dimulai dengan Mars Polri, Penghormatan Pasukan kepada inspektur upacara, Laporan Komandan Upacara,  dan pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan Cipta, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan UUD 1945, Pembacaan Pesan – pesan Pahlawan/Kata – kata Mutiara, Amanat inspektur upacara, Pembacaan Doa, Andika Bhayangkari, Laporan Komandan Upacara, Hymne Polri, Penghormatan pasukan.

Pada kesempatan itu, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto,SH,SIK,MSi membacakan amanat Menteri Sosial RI Pada upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Baca Juga :   Jalan Sehat Milad ke-53 Kahmi, Gubsu Ingatkan Soal Syiar dan Akidah

Peristiwa perang mengingatkan kita kemerdekaan kita rasakan saat ini tidak datang begitu saja namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan luar biasa dari para pendahulu Negeri.

Semangat ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuh kembangkan dalam hati Sanubari Segenab Insan warga Indonesia.

Selain itu peringatan Hari Pahlawan Kita bangkitkan semangat inovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 “Aku pahlawan masa kini”

Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Menurut Kapolrestabes Medan, jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, sekarang untuk menjadi pahlawan bukan mengangkat senjata mengusir penjajah tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan memberikan peringatan dan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa nama harum bangsa di mata internasional.

Baca Juga :   Dinas PU & P3SU Medan Deli Normalisasi Drainase Jalan Krakatau

Peringatan Hari Pahlawan dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

Jangan biarkan keutuhan NKRI telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Jangan biarkan negeri kita terkoyak tercerai-berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain.mari kita maknai hari pahlawan ini dengan wujud nyata bekerja dan bekerja membangun Negeri menuju Indonesia maju.(dave)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top